PSSI Diminta Usut Tuntas Tragedi Pemukulan Wartawan

By Mochamad Hary Prasetya - Kamis, 5 Juli 2018 | 16:50 WIB
Wartawan Beritajatim.com, Oryza Ardiansyah (kiri), saat mendapatkan perawatan di Puskesmas Jember Kidul, Talangsari, Jember, setelah dikeroyok oknum pemain saat meliput pertandingan Persid Jember vs Sindo Dharaka di Stadion Jember Sport Garden (JSG), Rabu (4/7/2018). (Erwin Wicaksono / Surabaya.tribunnews.com)

PSSI diminta untuk mengusut kasus pemukulan yang menimpa wartawan asal Jawa Timur, Oryza Ardiansyah, selepas meliput pertandingan Liga 3 antara Persid Jember melawan Sindo Dharaka di Jember Sport Garden (JSG), Rabu (4/7/2018). 

Tuntutan itu diajukan secara langsung oleh forum peliput kegiatan PSSI, PSSI Pers, yang langsung menyurati federasi sepak bola Indonesia itu pada Kamis (5/7/2018).

Ada tiga poin tuntutan yang ditujukan kepada Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, oleh PSSI Pers.

Ketiga poin itu meminta agar PSSI bergerak cepat menyelesaikan permasalahan yang sangat merugikan wartawan.

Poin pertama PSSI Pers sangat mengecam kekerasan yang dilakukan kepada Oryza.

Sebab, sebagai wartawan seharusnya ada perlindungan dari Panpel Pertandingan.

"Poin kedua mendesak PSSI melalui Komited Disiplin mengusut tuntas serta memberikan hukuman kepada panitia pelaksana pertandingan, offisial, dan pemain yang terlibat dalam aksi kekerasan itu," tulis pernyataan sikap PSSI Pers.

Pada poin ketiga, PSSI Pers meminta PSSI untuk mengevaluasi kinerja panitia pelaksana pertandingan pada setiap laga mulai dari strata tertinggi hingga terendah di Indonesia.

Hal itu dikarenakan agar wartawan yang meliput merasa nyaman serta aman dalam menjalankan tugasnya.