Media Malaysia Yakin PSSI Akan Dihukum Atas Insiden Penghinaan yang Dilakukan Oknum Suporter pada Timnas U-16 Malaysia

By Nina Andrianti Loasana - Selasa, 31 Juli 2018 | 17:01 WIB
Timnas U-16 Malaysia Vs Singapura di Kualifikasi Piala Asia U-16 Grup J yang dimainkan di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Rabu (20/9/2017) malam. (the-afc.com)

Media Malaysia yakin AFC menghukum PSSI atas aksi tak pantas yang dilakukan oknum suporter Indonesia dalam laga Timnas U-16 Malaysia di Piala AFF U-16 pada Senin, (30/7/2018).

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora Joko Samudro, Kabupaten Gresik tersebut, beberapa oknum suporter terlihat meneriakkan chant berisi hinaan untuk Timnas U-16 Malaysia.

Aksi ini tampaknya merupakan buntut dari insiden yang melibatkan salah satu pemain Timnas U-16 Malaysia, Amirul Ashrafiq Hanifah, yang tak sengaja mengunggah emotikon bendera Polandia (bendera Indonesia terbalik) di media sosial ketika akan melakukan perjalanan ke Indonesia.

Kini media asal Malaysia, Metro, yakin AFC akan memberikan denda pada PSSI karena Federasi Sepak Bola Malaysia juga pernah mengalami kejadian yang sama.

(Baca juga: Jadwal Matchday Kedua Grup A Piala AFF U-16 2018 - Lawan Myanmar, Indonesia Berpeluang Perlebar Jarak)

Media tersebut menuliskan:

"Provokasi terbaharu itu sudah pasti mengundang hukuman terhadap Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memandangkan Persatuan Bolasepak Malaysia (FAM) pernah didenda atas kesalahan sama sebelum ini."

"FAM didenda AS$30,000 (RM121,000) oleh Konfederasi Bolasepak Asia (AFC) apabila penyokong Malaysia melaungkan sorakan ‘a***ng’ kepada penyokong Brunei dan Singapura pada Sukan SEA 2017.

"Penyokong Malaysia melaungkan sorakan ‘Brunei a***ng dibunuh saja’ pada aksi bertemu Brunei, 4 Ogos 2017 dan sorakan berbentuk sama ketika bertemu Singapura dua hari kemudian sekali gus menyaksikan AFC mengenakan denda sebanyak AS$15,000 (RM61,000) bagi setiap kesalahan."