Sepak Bola Asian Games 2018 - Alasan Utama Son Heung-min Tak Berani Lihat Eksekusi Penalti Striker Salzburg

By Bagas Reza Murti - Senin, 27 Agustus 2018 | 22:56 WIB
Pesepak bola Korea Selatan Hee Chan Hwang (kiri) bersama Heung Min Son saat merayakan golnya kegawang tim sepak bola Uzbekistan pada babak Putra perempatfinal Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/8/2018). (ANTARA FOTO/INASGOC/Charlie)

Son Heung-min mengakui jika ia memutuskan tidak mengambil penalti saat melawan Uzbekistan pada laga perempat final Asian Games 2018 yang digelar di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Senin (27/8/2018). 

Pertandingan tersebut harus diselesaikan sampai babak perpanjangan waktu karena Korea Selatan dan Uzbekistan bermain imbang 3-3 selama waktu normal.

Momen menegangkan terjadi pada saat Korea Selatan mendapatkan hadiah penalti setelah sang mesin gol Hwang Ui-jo dilanggar oleh bek Uzbekistan pada menit ke-117.

Penalti tersebut secara mengejutkan tak diambil oleh sang kapten Son Heung-min melainkan diambil oleh striker klub RB Salzburg, Hwang Hee-chan.

Momen menegangkan justru terlihat pada ekspresi Son Heung-min saat penalti dieksekusi.

(Baca juga: Makin Ngegas! Indonesia Sabet Medali Emas Ke-4 dari Pencak Silat)

Dalam tayangan ulang, Son tampak tak berani menyaksikan Hwang Hee-chan mengeksekusi penalti.

Pemain berusia 26 tahun itu terlihat sangat tegang dengan menutup wajah saat juniornya mengeksekusi penalti.

Usai laga, Son mengakui jika ia awalnya yang ditunjuk sebagai eksekutor penalti. Namun ia memutuskan untuk tidak mengambil penalti tersebut karena rekan setimnya, Hwang Hee-chan dinilai lebih siap.

"Hwang Hee-chan mengatakan jika ia percaya diri dan siap. Saya suka Hee-chan, meski ia punya kesulitan beberapa waktu terakhir. Jadi saya memberitahunya untuk mengambil penalti," ujar Son dikutip BolaSport.com dari Yonhap News.