Eks Pelatih Yanto Basna di Thailand Bakal Gunakan Piala AFF 2018 untuk Buru Pemain Indonesia Berkualitas

By Bagas Reza Murti - Rabu, 26 September 2018 | 17:42 WIB
Aron da Silva (depan, dua dari kiri) jelang laga Bangkok Glass vs Osotspa Samut Prakan FC, 6 Maret 2016. (Dok. FACEBOOK OSOTSPA)

Pelatih klub Thailand Bangkok Glass, Anurak Srikerd mengaku bakal menggunakan ajang Piala AFF 2018 untuk berburu pemain, termasuk pemain-pemain dari Indonesia yang berbakat.

Liga Thailand telah resmi menetapkan regulasi baru soal kuota pemain asing pada musim 2019. Mereka dipastikan akan menambah kuota pemain Asia Tenggara menjadi 3 orang pemain pada musim 2019.

Sebelumnya Liga Thailand menetapkan regulasi kuota pemain asing dengan skema 3+1+1 atau berarti 3 non-Asia, 1 Asia, dan 1 Asia Tenggara.

(Baca juga: Silvio Berlusconi Segera Rampungkan Pembelian 100 Persen Saham Klub Tetangga AC Milan)

Ketiga pemain asal Asia Tenggara tidak bisa direkrut klub-klub Liga Thailand secara sembarangan. Klub dan pemain harus memenuhi beberapa syarat.

Dengan regulasi anyar ini, Anurak Srikerd yang juga merupakan mantan pelatih timnas U-19 Thailand bakal memantau pemain-pemain yang berlaga di Piala AFF 2018.

"Seperti yang diketahui, tim-tim di Thailand merencanakan merekrut pemain asal Vitenam. Saat ini, saya telah menerima persetujuan dari BLDC, melacak pemain potensial dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia di Piala AFF 2018," ujar pelatih Bangkok Glass tersebut dilansir BolaSport.com dari Bao Moi.

Anurak Srikerd merupakan mantan pelatih Khon Kaen FC dan menjadi pelatih yang merekrut Yanto Basna awal tahun lalu.

Namun tak sampai satu musim melatih Basna, Srikerd pindah ke Bangkok Glass.

Bangkok Glass saat ini dikaitkan dengan pemain Vietnam, Nguyen Quang Hai. Tim asal Ibukota tersebut saat ini duduk di peringkat 10 Thai-League, dengan raihan 41 poin di klasemen sementara.