Berkaca dari Kejutan Buriram, Teco Tertantang Antar Persija ke Liga Champions Asia

By Muhammad Robbani - Rabu, 5 Desember 2018 | 21:21 WIB
Salah satu momen yang terjadi di dalam pertandingan leg 1 babak 16 besar Liga Champions Asia 2018 antara Buriram United (baju biru) dan Jeonbuk Motors di Stadion Chang Arena, Buriram, Thailand, pada Selasa (8/5/2018). ( DOK TWITTER @THEAFCCL )

Persija Jakarta sudah memastikan satu tempat di kompetisi Asia musim 2019, entah itu Liga Champions Asia (LCA) atau Piala AFC.

Hal itu tak terlepas dari kepastian Persija untuk mengakhiri Liga 1 musim 2018 dengan minimal menempati peringkat kedua.

Pemenang Liga 1 akan mendapat jatah LCA, meski harus melalui tiga pertandingan tandang dari babak kualifikasi untuk mendapat jatah satu tiket pada babak grup.

Jika gagal pada babak kualifikasi, maka Persija akan turun kasta ke Piala AFC dan tergabung di Grup G. Bisa juga Persija akan menghuni Grup H jika menjadi runner-up Liga 1.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra mengaku tertantang untuk memimpin timnya bermain di Liga Champions Asia.

Meski berat, Teco berkaca dari kejutan yang kerap dilakukan klub-klub Thailand dengan menyulitkan tim-tim kuat asal Asia Timur seperti Jepang, Korea Selatan, dan China.

Seperti yang dilakukan Buriram United atas keberhasilan mereka lolos ke fase penyisihan dengan menempati peringkat kedua Grup G LCA 2018.

Klub raksasa asal Jepang yang juga tergabung di Grup G yakni Cerezo Osaka, gagal bersaing dengan Buriram dengan hanya menempati peringkat ketiga klasemen akhir fase grup.

"Saya lebih pilih Liga Champions karena kami akan melawan tim yang lebih bagus. Saya lihat lawan pertama kami adalah Home United (babak kualifikasi 1)."