Jonas Folger : Marc Marquez Miliki Kemampuan Adaptasi yang Brilian

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 19 Agustus 2017 | 13:43 WIB
Pebalap Repsol Honda dari Spanyol, Marc Marquez, melakukan selebrasi setelah meraih pole position pada GP Austria di Red Bull Racing, Spielberg, Sabtu (12/8/2017). (JURE MAKOVEC/AFP PHOTO)

Pebalap tim Monster Yamaha Tech3, Jonas Folger, mengungkapkkan kekagumannya akan kemampuan adaptasi yang dimiliki Marc Marquez di setiap balapan MotoGP.

Pada balapan GP Jerman, di luar dugaan Jonas Folger mampu tampil baik dan sukses membayangi Marc Marquez di sepanjang balapan.

Momen itu dimanfaatkan Jonas Folger untuk mengamati gaya balap Marc Marquez.

Folger menganggap jika Marquez mampu menentukan waktu yang tepat untuk menyesuaikan diri dengan kondisi motornya saat balapan.

"Hal terbaik yang saya lihat adalah ketika Marc Marquez mulai mengganti gaya balapnya, karena saya selalu menunggu (untuk mengganti gaya balapan) saat ban sudah habis," kata Jonas Folger seperti dilansir BolaSport.com dari Crash.

(Baca juga: Bagi Pebalap Ini Tidak Ada Kata Terlalu Tua untuk Balapan)

Folger menyebutkan jika ada 4 tahap yang diambil Marquez saat balapan, tergantung dari perubahan kondisi ban dan motornya.

Pada setiap tahap Marquez akan mengubah gaya balap dan jalur lintasan yang diambilnya.

Marquez juga mengusahakan untuk merubah gaya balap beberapa lap lebih awal agar mendapat transisi yang lebih halus.

Selain penampilan jenius Marc Marquez di GP Republik Ceska, pada balapan GP Austria (13/8/2017) lalu juga menjadi bukti kecermelangan pebalap asal Spanyol itu.