Team Order Bukan Hal Baru bagi Bos Tim Ducati

By Samsul Ngarifin - Kamis, 2 November 2017 | 18:17 WIB
General Manager Ducati Corse, Luigi Dall'igna. (MOTORSPORT.COM)

Seri balapan MotoGP tinggal menyisakan satu seri yakni GP Valencia yang akan berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (12/11/2017).

Kemenangan pebalap tim Ducati, Andrea Dovizioso, pada balapan GP Malaysia, Minggu (29/10/2017), membuat penentuan gelar juara dunia MotoGP 2017 akan di tentukan di Valencia.

Di Sepang, tim Ducati dianggap oleh beberapa pihak melakukan team order demi menjaga peluang Dovizioso sebagai juara dunia.

Hal tersebut di amini oleh bos tim Ducati, Luigi Dall'igna, yang mengaku mengambil keputusan yang sulit perihal team order.

"Menggunakan cara ini (team order) adalah keputusan yang sulit tentunya. Tetapi, pada saat bersamaan, hal ini sangat menguntungkan," kata Dall'igna seperti dikutip Bolasportcom dari GPOne, Kamis (2/11/2017).

(Baca juga: Akhirnya Tim Ducati Mengakui Lakukan Team Order saat GP Malaysia)

Sebelum menjadi General Manager Ducati Corse, Dall'igna sudah berkarier di Aprilia Racing sejak 1992.

Team order bukanlah hal baru bagi Dall'igna karena sebelumnya dia juga pernah melakukannya pada ajang World Superbike.

Saat itu, tim Aprilia Racing memiliki dua pebalap yang turun pada World Superbike 2012 yakni Max Biaggi dan Eugene Laverty.

Pada pada balapan pertama seri Rusia di Moscow Raceway, Dall'igna meminta Laverty untuk merelakan diri dilewati oleh Max Biaggi yang kala itu bersaing dengan Tom Sykes di kejuaraan.