Tanah Kelahiran Menjadi Titik Balik Perjuangan Andrea Dovizioso untuk Menantang Juara Bertahan

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 6 November 2017 | 18:36 WIB
Duel antara Marc Marquez dan Andrea Dovizioso di tikungan terakhir Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (13/8/2017). (CRASH.NET)

Penampilan Andrea Dovizioso pada kejuaraan MotoGP musim ini tentu mengejutkan banyak penikmat balapan motor terpopuler di dunia tersebut.

Meski berstatus sebagai salah satu pebalap top, orang-orang lebih melihat sosok Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan Maverick Vinales sebagai penantang sang juara bertahan, Marc Marquez.

Membuka penampilannya dengan menjadi runner-up, Dovizioso gagal meraih hasil satu pun posisi podium di empat seri berikutnya.

Ia pun hanya menduduki peringkat kelima klasemen sebelum balapan GP Italia yang diyakininya sebagai titik balik pencapaiannya di MotoGP musim ini.

"Kemenangan (di GP Italia) itu membuka pintu bagi kami untuk bergerak maju dengan sangat kuat," ujar Andrea Dovizioso seperti dilansir BolaSport.com dari Tuttomotoriweb.

(Baca Juga: Motivasi Ini Buat Jorge Lorenzo Bertahan setelah Alami Masa Sulit Bersama Ducati)

Sejak memenangi GP Italia, penampilan Dovizioso terus menanjak hingga akhirnya berhasil memuncaki klasemen pebalap dua seri setelahnya.

Akan tetapi tidak hanya Dovizioso yang berhasil bangkit, sang juara bertahan pun juga membukukan rentetan hasil positif hingga akhirnya kedua pebalap meraih poin yang sama pasca balapan GP Inggris.


Pebalap Ducati asal Italia, Andrea Dovizioso (kanan, #04), melakukan selebrasi bersama pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales (kiri, #25), dan pebalap Octo Pramac Racing, Danilo Petrucci (tengah), seusai balapan GP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (4/6/2017). Dovizoso tampil sebagai juara GP Italia disusul Vinales dan Petrucci di urutan kedua dan ketiga.(TIZIANA FABI/AFP PHOTO)

Sayang di saat Marquez kembali tampil kuat, Dovi justru tampil inkonsisten yang membuatnya tertinggal 33 poin sebelum kemenangan di GP Malaysia.