Sempat Pesimistis, Mick Doohan Berikan Pujian kepada Andrea Dovizioso

By Samsul Ngarifin - Rabu, 8 November 2017 | 20:32 WIB
Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso, berada di area paddock jelang latihan bebas MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Jumat (27/10/2017). (MOHD RASFAN/AFP)

Mantan pebalap tim Repsol Hondal, Mick Doohan, menyebut musim ini sebagai musim paling kompetitif bagi Andrea Dovizioso sejak turun di kelas MotoGP.

Andrea Dovizioso melakukan debut di kelas MotoGP pada tahun 2008, di mana tim pertama yang dibelanya adalah Scot Racing.

Berselang satu tahun, Dovizioso kemudian pindah ke tim Repsol Honda dan bertahan selama tiga tahun.

Sempat menjadi pebalap tim Yamaha Tech 3 satu tahun, akhirnya pada tahun 2013 pebalap Italia itu kemudian pindah ke tim Ducati.

Namun baru tahun ini Andrea Dovizioso mampu naik podium lebih dari dua kali sepanjang musim.

"Saat balapan di Jepang, banyak yang mengatakan itu adalah kesalahan Marc Marquez, tapi pendapat saya manuver Dovizioso terhadap Marquez saat lintasan basah sangat hebat," kata Mick Doohan seperti dikutip Bolasportcom dari Tuttomotoriweb, Rabu (8/11/2017).

(Baca juga: Valentino Rossi Beri Klarifikasi Soal Komentarnya Terhadap Andrea Iannone di Philip Island)

Musim ini Andrea Dovizioso sukses delapan kali naik podium, dengan enam di antaranya berada di puncak podium.

"Ini adalah ujian mental bagi Dovi dan karenanya dia berada di posisi saat ini, terutama setelah balapan terakhir di Malaysia."

Andrea Dovizioso berhasil memenangkan balapan MotoGP Malaysia, Minggu (29/10/2017), yang menjaga peluang juara dunia tetap terbuka.