Indonesia hingga Angka 13, Ini 6 Hal Menarik dari Peluncuran Tim MotoGP Yamaha dan Ducati

By Arief Kurniawan - Kamis, 25 Januari 2018 | 14:17 WIB
Yamaha M1 (kiri) dan Ducati Desmosedici GP terbaru, penantang Marc Marquez untuk musim 2018. (Yamaha MotoGP - Ducati Corse)

Peluncuran dua tim MotoGP, Ducati (15/1) dan Yamaha (24/1), masih menyisakan cerita menarik yang bisa berdampak untuk musim ini atau bahkan dua tahun mendatang.

Inilah 6 hal menarik tersebut.

1. Ducati Pe-De dengan Fairing


Ducati 2018 (kiri) dengan fairing dan tanpa fairing saat peluncuran 2017 (kanan).(Ducati Corse)

Sebagai pionir sayap tambahan di bodi motor, Ducati sangat percaya diri kali ini. Bila pada launching tahun lalu belum tampak bentuk fairing seperti apa karena regulasinya juga baru diterapkan dan banyak ketidakpastian soal batasannya, tahun ini justru kentara sekali. Di motor Desmosedici GP18, fairing itu terlihat jelas. Ducati seolah menegaskan, mereka bukan hanya penemu tapi juga yang terdepan untuk urusan ini.

2. Tekanan Berpindah


Jorge Lorenzo (kiri) kini justru lebih tanpa beban ketimbang Andrea Dovizioso.(Ducati Corse)

Pada peluncuran Ducati 2017 Andrea Dovizioso seperti tidak dianggap, semata karena ada anak baru bernama besar, Jorge Lorenzo. Dampaknya, Dovi mengarungi 2017 dengan rileks dan tanpa beban dan hasilnya adalah enam kali menang dan runner-up dunia. Peluncuran Ducati 2018 terbalik, Dovi justru kini yang jadi sorotan sehingga tekanan ada padanya. Lorenzo malah santai, bahkan dia bilang nilai jualnya sekarang sedang turun.

3. Dulu Rossi, Sekarang Lorenzo


Jorge Lorenzo (kiri) dan Valentino Rossi membuat Ducati mengubah banyak hal pada motor mereka.(Ducati Corse)