Valentino Rossi: Jika MotoGP Digelar Besok maka yang Terlihat adalah Balapan Moto3

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 30 Januari 2018 | 21:51 WIB
Valentino Rossi saat beraksi di tes pramusim MotoGP 2018 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (28/1/2018). (TWITTER.COM/YAMAHAMOTOGP)

Usaha Dorna untuk membuat balapan di kelas MotoGP menjadi lebih kompetitif tampaknya akan terwujud.

Hasil tes pramusim MotoGP 2018 yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Selangor, Malaysia, pada tanggal 28-30 Januari 2018, bisa menggambarkan bagaimana persaingan ketat akan tersaji nantinya.

Pada hari terakhir tes tersebut tercatat ada 12 pebalap yang menorehkan catatan waktu tidak lebih lambat 1 detik dibandingkan peraih waktu lap tercepat.

Secara lebih rinci 12 pebalap tersebut berasal dari 4 pabrikan yang berbeda.

(Baca Juga: Tes Pramusim MotoGP 2018 - Ungguli Valentino Rossi, Maverick Vinales Tampil Sebagai yang Tercepat)

Sedangkan jika menilik dari catatan waktu lap dari setiap pebalap, tes pramusim kali ini menunjukkan kemajuan di mana ada 14 pebalap yang berhasil menembus waktu di bawah 2 menit.

Sebuah kemajuan jika dibandingkan pada musim sebelumnya ketika saat itu hanya ada 11 pebalap yang berhasil melakukannya.

Alhasil, seperti dikutip BolaSport.com dari Crash, Valentino Rossi (Movistar Yamaha) percaya kalau persaingan MotoGP saat ini sangat ketat jika menilik dari kecepatan para pebalap.

Valentino Rossi, berpendapat persaingan akan terasa seperti balapan Moto3 dan memperkirakan jika setidaknya akan ada delapan pebalap yang bersaing untuk memperebutkan podium tertinggi.

(Baca Juga: Tes Pramusim MotoGP 2018 - Secercah Harapan dari Tim Movistar Yamaha Menyongsong Musim 2018)