2 Hal Ini Jadi Senjata Dani Pedrosa untuk Taklukan Sirkuit Buriram

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Kamis, 15 Februari 2018 | 21:23 WIB
Pebalap tim Repsol Honda, Dani Pedrosa, bersiap-siap untuk memasuki lintasan saat tes pramusim MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Selangor, Malaysia (28/1/2018). (DOK. MOTOGP)

Pebalap tim Repsol Honda, Dani Pedrosa, mendapat ilham setelah memutari Sirkuit Buriram di Thailand dengan motor skutik (scooter matic), Kamis (15/2/2018).

Menurut Pedrosa setelan motor menjadi salah satu kunci untuk tampil sempurna di sirkuit yang berkarakter cepat-pendek dan diselingi dengan beberapa tikungan lambat itu.

"Kami hanya akan paham dengan trek ini esok ketika mengendarai motor kami," kata Pedrosa dikutip BolaSport.com dari Crash.

"Setelan gearbox akan menjadl salah satu hal penting ketika anda mencoba sebuah trek yag baru," imbuhnya.

(Baca Juga: Aksi Usil 5 Pebalap MotoGP Saat Jalan-jalan Keliling Thailand dengan Tuk Tuk)

Selain itu, karakter sirkuit yang pendek membuat Dani Pedrosa ingin mendapatkan racing line yang tepat demi meminimalkan kesalahan di tiap putarannya.

Racing line adalah sisi-sisi tertentu dari trek yang diambil pebalap untuk mempersingkat waktu tempuhnya.

"Line-nya lebih intuitif, akan lebih mudah dipahami ketika anda mulai mengendarai motornya, tapi anda harus memasuki tikungannya dengan gigi dan kecepatan yang tepat," ujar pebalap berjulukan The Little Spaniard itu.

"Selain trek yang sangat sangat panas, treknya cukup sempit dan pendek yang berarti akan sedikit lebih penting untuk bisa mengambil racing line yang tepat dan menyetel gearbox-nya."

(Baca Juga: Tanpa Sadar Marc Marquez Telah Memberi Bantuan kepada Tim KTM, Kok Bisa?)