Sasis lama Akan Jadi Senjata Andalan Johann Zarco dan Hafizh Syahrin

By Susi Lestari - Jumat, 9 Maret 2018 | 13:17 WIB
Pebalap Malaysia, Hafizh Syahrin. (NST.COM.MY)

Rookie MotoGP dari Malaysia, Hafizh Syahrin Abdullah dan rekan setimnya, Johann Zarco, akan menggunakan sasis Yamaha 2016.

Keputusan menggunakan sasis lama dipilih tim Monster Yamaha Tech setelah berminggu-minggu berspekulasi untuk memilih sasis 2016 atau 2017.

Kepala tim Yamaha Tech3, Herve Poncharal, mengatakan dia percaya YZR-M1 2016 sangat cocok dengan Hafizh.

"Tahun ini, empat pembalap yakni Valentino Rossi, Maverick Vinales, Hafizh Syahrin dan Johann Zarco akan menggunakan sasis 2016 yang sama namun dengan bodywork, aerodinamika dan mesin berbeda," kata Poncharal dikutip BolaSport.com dari NST.

(Baca Juga: 10 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Melewatkan MotoGP 2018, Nomor 3 Sepertinya Paling Dinanti)

"Ini adalah sasis yang sama dengan Zarco dan Jonas Folger yang mengendarai tahun lalu. Saya pikir ini adalah paket terbaik yang bisa Anda dapatkan untuk pemula dan ini lebih dari cukup untuk Hafizh," ujar Poncharal.

Hafizh telah diuji menggunakan sasis 2017 pada pengujian di Sirkuit Buriram (Thailand), yang diketahui kurang kompetitif dibandingkan versi 2016.

Selanjutnya pada pengujian baru-baru ini yang digelar di Qatar, sasis Hafizh diubah menjadi 2016.

"Saya mengganti sasis 2016 dari hari kedua di Qatar dan itu pasti lebih baik," kata Hafizh mengomentari sasis yang digunakannya.

"Menurut saya, sasis 2016 jauh lebih lincah dan responseif, yang membuatnya lebih baik di tikungan dan memungkinkan pengereman lebih baik. Saya merasa lebih nyaman dan merasa lebih percaya diri dengan hal itu," lanjut Hafizh.