Giliran Legenda MotoGP Beri Peringatan kepada Marc Marquez

By Samsul Ngarifin - Sabtu, 14 April 2018 | 09:48 WIB
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengendarai motornya saat melakoni sesi latihan bebas pertama MotoGP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo circuit, Santiago del Estero, Jumat (6/4/2018). (JUAN MABROMATA/AFP PHOTO)

Legenda MotoGP, Kevin Schwantz, turut berkomentar dengan manuver berbahaya yang dilakukan Marc Marquez (Repsol Honda) saat balapan GP Argentina, Minggu (8/4/2018) waktu setempat.

Pebalap tim Repsol Honda itu beberapa kali melakukan manuver membahayakan pebalap lain saaat tampil di Autodromo Termas de Rio Hondo.

Aleix Espargaro (Aprilia) dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) menjadi pebalap yang tertabrak oleh Marc Marquez saat hendak mendahuluinya.

Namun, manuver terhadap Valentino Rossi yang menjadi sorotan karena membuat rider Italia terjatuh.

Menyikapi gaya balap Marc Marquez yang agresif, Kevin Schwantz meminta pebalap Spanyol itu untuk lebih halus saat menunggangi motor.

"Bersikap tenang, dia tidak harus menempuh setiap lap dengan menekan, sliding dan hampir terjatuh," kata Kevin Schwantz dikutip BolaSport.com dari Motorsport.

(Baca Juga: GP Argentina Sarat Kontroversi, Korban Valentino Rossi Desak MotoGP Bikin Peraturan yang Lebih Jelas)

"Smooth itu cepat, tidak kasar. Hampir tabrakan sepanjang waktu itulah yang menyebabkan anda menyenggol pebalap lain."

Hukuman ride through penalty yang diterima Marquez saat lap keenam menjadi alasan emapt kali juara dunia MotoGP itu tampil trengginas.

Hal itu tak lain untuk mengejar posisi terdepan karena selepas masuk pitlane, posisi Marquez melorot ke posisi 20.