Soal Tim Satelit, Pabrikan Yamaha Kena Tikung Suzuki

By Samsul Ngarifin - Selasa, 17 April 2018 | 18:30 WIB
Pebalap Marc VDS, Franco Moribidelli, berada di depan pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, saat seri pertama GP Qatar yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (22/3/2018). (DOK. TEAM EG 0,0 MARC VDS)

Tim Marc VDS dikabarkan tinggal selangkah lagi untuk menjadi tim satelit Suzuki.

Dilansir BolaSport.com dari Speedweek, di antara tim Marc VDS dan Suzuki telah ada kesepakatan tiga tahun kontrak terhitung mulai musim depan.

Artinya, mulai musim 2019, akan ada empat motor Suzuki GSX-RR di grid.

Hal ini senada dengan keinginan tim Marc VDS yang memilih pabrikan yang bersedia memberikan kontrak jangka panjang dan motor spesifikasi pabrikan.

Saat balapan MotoGP Argentina, dua kepala kru tim Marc VDS, Diego Gubellini (Franco Morbidelli) dan Gilles Bigot (Thomas Luthi), diundang ke garasi Suzuki pada hari Kamis (5/4/2018).

Andai tidak ada halangan, pengumuman resmi antara Suzuki dan Marc VDS bakal terjadi saat MotoGP Americas.

(Baca Juga: Setelah Tragedi GP Argentina, Legenda MotoGP Meminta Agar Penalty Ride Through Dihapuskan)

Tim Marc VDS mengaku kecewa karena harus kehilangan Jack Miller pada 2018 setelah kubu Honda enggan memberikan motor spesifikasi pabrikan kepada pebalap Australia itu.

Akibat hal tersebut, tim Marc VDS pun mulai memikirkan pabrikan lain sebagai pemasok mesin.

Namun begitu, kabar tim Marc VDS untuk merapat ke Suzuki tentu menjadi berita yang mengejutkan karena selama ini tim asal Belgia itu diklaim lebih dekat dengan kubu Yamaha.