MotoGP Spanyol 2018 - Sirkuit Jerez Berganti Nama Mulai Akhir Pekan Ini, Begini Penjelasannya

By Bayu Nur Cahyo - Jumat, 4 Mei 2018 | 02:00 WIB
Mantan pebalap MotoGP yang sukses menjadi juara sebanyak 13 kali, Angel Nieto, melambaikan tangan ke arah penonton. Nieto meninggal dunia akibat cedera di kepala pada 3 Agustus 2017. (MOTOGP.COM)

Jelang digelarnya seri keempat MotoGP 2018 di Spanyol pada akhir pekan ini, perubahan besar justru akan diterapkan pada lintasan yang akan digunakan untuk balapan, Sirkuit Jerez.

Sirkuit Jerez yang mempunyai nama lengkap Circuito de Jerez, resmi berubah nama menjadi Circuito de Jerez Angel Nieto pada Kamis (3/5/2018).

Perubahan nama tersebut rupanya dilakukan untuk mengenang salah satu pebalap legendaris dari Spanyol, Angel Nieto.

Angel Nieto adalah seorang juara dunia yang lahir pada 25 Januari 1947 dan wafat pada 3 Agustus 2017.

(Baca juga: Pebalap Ini Ungkap Alasan Tolak Pindah ke Tim Yamaha)

Dalam seremoni pergantian nama sirkuit tersebut, tampak beberapa staf dan pebalap MotoGP dari tim yang berbeda hadir dalam acara tersebut.

Tak hanya menambahkan nama sang pebalap pada Sirkuit Jerez, penghormatan dalam wujud lain juga akan diberikan untuk Nieto.

Masyarakat Spanyol beserta penyelenggara MotoGP juga bakal meresmikan patung dengan wajah Angel Nieto pada salah satu area di Circuito de Jerez Angel Nieto.

Pada seri sebelumnya, MotoGP Americas 2018, penghormatan juga sempat diberikan untuk pebalap legendaris MotoGP lainnya.

Saat ini di Circuit of the Americas, terdapat bukit Hayden yang merupakan sebuah bentuk dedikasi untuk pebalap legendaris MotoGP asal Amerika Serikat, Nicky Hayden.