Masa Depan 5 Pebalap MotoGP Berada di Tangan Andrea Dovizioso

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 18 Mei 2018 | 07:48 WIB
Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Cal Crutchlow saat sesi jumpa pers jelang MotoGP Americas, Jumat (20/4/2018). ( DOK. MOTOGP )

Pebalap Pramac Racing, Danilo Petrucci, merasa yakin bahwa kompatriotnya, Andrea Dovizioso, memegang kunci dalam bursa transfer pebalap MotoGP kali ini.

Menurut Petrucci, setidaknya ada lima pebalap yang nasibnya bergantung pada keputusan Dovizioso mengenai masa depan kariernya.

"Saya pikir pebalap tersebut adalah saya, (Andrea) Iannone, (Dani) Pedrosa, (Jorge) Lorenzo, dan (Jack) Miller," kata Petrucci dikutip BolaSport.com dari Motorsport.

Saat ini Dovizioso tengah melakukan negosiasi pembaruan kontrak dengan Ducati di mana masalah gaji disebut-sebut sebagai salah satu pembahasan paling alot.

(Baca Juga: MotoGP Prancis 2018 - Jadwal Latihan Bebas hingga Lomba Live Trans 7)

Pada sisi lain, Ducati juga ingin mempertahankan Jorge Lorenzo untuk musim depan, meskipun mereka lebih memprioritaskan Dovizioso.

Hanya saja, Lorenzo yang awalnya dibayar empat kali lipat lebih besar dibandingkan Dovizioso menolak untuk mendapat pemotongan gaji yang terlalu besar.

Padahal Ducati sejak awal musim sudah berniat untuk tidak menghabiskan anggaran mereka hanya untuk memenuhi permintaan gaji kedua pebalapnya.

Ketidakpastian tersebut juga berdampak pada posisi pebalap tim satelit Ducati (Pramac Racing) yaitu Danilo Petrucci dan Jack Miller.

Petrucci dan Miller sama-sama akan habis kontrak pada akhir musim ini. Namun demikian, hanya ada satu tempat tersisa di tim tersebut.