Wah! Ternyata Teknologi MotoGP Kalah Jauh dibanding Superbike

By Bayu Nur Cahyo - Selasa, 29 Mei 2018 | 00:20 WIB
Pebalap MotoGP, Danilo Petrucci (OCTO Pramac Racing) dan pebalap WorldSBK, Marco Melandri (Aruba.it Ducati) tampil dalam tes privat yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol pada tahun 2016. (GPONE.COM)

Seorang mantan pebalap MotoGP yang kini berkompetisi di kejuaraan World Superbike (WorldSBK), Loris Baz memberikan pernyataan yang mengejutkan tentang perbandingan antara dua kejuaraan balap motor dunia tersebut.

Loris Baz (Althea BMW Racing) tercatat pernah mengarungi kejuaraan balap WorldSBK pada tahun 2012 hingga 2014 lalu pindah ke MotoGP pada tahun 2015 hingga 2017.

Karena performanya di MotoGP tidak kunjung membaik, Loris Baz akhirnya kembali melaju di WorldSBK sejak tahun 2018 ini.

Mengenai catatan kariernya tersebut, Loris Baz menyampaikan pengalamannya ketika melaju di dua ajang berbeda itu.

(Baca juga: Kawinkan 2 Gelar Juara Eropa, Real Madrid Gelar Perayaan Bersejarah)

Baz yang pernah membela tim Kawasaki pada tahun 2012 sampai 2014 itu membeberkan pernyataan mengejutkan.

Menurut Baz, peralatan yang dimiliki oleh mantan timnya yakni Kawasaki memiliki salah satu keunggulan.


Para pebalap MotoGP (kiri-kanan), Loris Baz (Avintia Racing), Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3), Marc Marquez (Repsol Honda Team), Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP), Dani Pedrosa (Repsol Honda Team), dan Jorge Lorenzo (Ducati Team), berpose setelah konferensi pers jelang GP Prancis di Sirkuit Le Mans, Kamis (18/5/2017).(MOTOGP.COM)

"Sudah lama, dan peraturan memang sudah berubah, namun saya ingat betul bahwa elektronik adalah kekuatan mutlak Kawasaki," ucap Baz yang dilansir BolaSport.com dari Motorsport.

Lebih lanjut, Baz bahkan membandingkan keunggulan dari alat-alat milik mantan timnya tersebut dengan peralatan dari para tim MotoGP.