4 Hal yang Mesti Diwaspadai Rossi Bila Ingin Menang di Mugello

By Arief Kurniawan - Minggu, 3 Juni 2018 | 04:05 WIB
Valentino Rossi, tiada kegembiraan selain meraih pole position di kandang sendiri, GP Italia, dengan desain helm spesial. (Yamaha MotoGP)

 Sudah lama kita tidak melihat Valentino Rossi ada di pole position, tepatnya dua tahun.

Rossi secara spektakuler meraihnya lagi pada balapan kandangnya, GP Italia.

Dan memang tidak ada tempat sebaik Mugello untuk meraih pole position-nya yang ke-65 di semua kelas atau yang ke-54 di GP500/MotoGP.

Bila ingin menang sekaligus memberikan hiburan luar biasa bagi publik Mugello dan jutaan penggemarnya di seluruh dunia, inilah empat hal yang mesti diwaspadai Rossi pada balapan hari Minggu (3/6) ini.


Inilah awal dari Sektor 1 dan 2 yang menjadi kekuatan Marc Marquez di Mugello. (Repsol Honda)

1. Marc Marquez

Siapa pun tahu Marquez adalah musuh utama Rossi saat ini, di atas maupun di luar trek. Bicara teknis di Mugello pada sesi kualifikasi, data menunjukkan Marquez sangat kuat pada dua sektor pertama dan bahkan ditotal keunggulannya bisa mencapai 0,3 detik per lap dibanding Rossi. Dua sektor pertama itu adalah area di mana power motor berperan dan Yamaha saat ini sangat kedodoran dibanding Honda. Yang perlu diwaspadai pada diri Marquez adalah lap time ideal dia hanya kalah 0.057 detik dibanding lap time ideal Rossi (Rossi 1:46.200 vs Marquez 1:46.257). Marquez keteteran karena dia memang membuat kesalahan di Sektor 3 dan 4 dan bahkan nyaris terjatuh. Jadi kalau Rossi ingin menang, maka dia harus membuka jarak besar terhadap Marquez pada dua sektor terakhir, yang memang adalah "sektor Yamaha".


Maverick Vinales (kiri) bisa tersenyum bersama Valentino Rossi hari Sabtu. Apakah itu juga bakal terjadi pada hari Minggu ini?(Yamaha MotoGP)

2. Maverick Vinales

Bagaimana pun Vinales mengendarai motor yang sama dengan Rossi dan mereka juga dalam performa sama-sama bagus. Kenapa Rossi mesti mewaspadapi Vinales adalah karena pebalap Spanyol itu mampu lebih unggul atas Rossi dari sisi top speed. Entah bagaimana caranya, Vinales mampu menjadi pebalap Yamaha terbaik di Mugello dengan top speed 344.6 km/jam. Rossi sendiri hanya mampu berada pada 343.8 km/jam. Belum lagi tambahan Vinales saat ini berada di posisi dua klasemen pebalap dan ingin segera mengejar poin Marquez dengan meraih kemenangan.