MotoGP Italia 2018 - Marc Marquez Sengaja Akhiri Sesi Kualifikasi di Posisi Ke-6, Ini Alasannya

By Samsul Ngarifin - Minggu, 3 Juni 2018 | 14:48 WIB
Marc Marquez saat sesi kualifikasi MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Italia, Sabtu (2/6/2018). (DOK. REPSOL HONDA)

Pebalap tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku belajar dari Valentino Rossi (Movistar Yamaha) pada lap terakhir kualifikasi kedua MotoGP Italia, Sabtu (2/6/2018).

Pada sesi yang berlangsung di Sirkuit Mugello, Italia, Valentino Rossi berhasil meraih pole position seusai mencatatkan waktu putaran 1 menit 46,208 detik.

Itu adalah raihan pole position pertama bagi Valentino Rossi sejak terakhir kali meraihnya pada GP Jepang 2016.

Sementara itu, Marc Marquez hanya mengakhiri sesi kualifikasi GP Italia di posisi keenam usai mencatatkan waktu putaran 1 menit 46,454 detik.

Diakui Marquez jika pada kesempatan terakhir dirinya memilih untuk tidak melakukan lap time demi mempelajari sang rival.

Selain itu, Marquez tidak ingin Rossi mengamatinya jika melakukan time attack di saat-saat terakhir.

(Baca Juga: MotoGP Italia 2018 - Marc Marquez: Mengambil Risiko adalah Cara Saya Balapan)

"Pada lap terakhir, ketika dia sudah meraih pole position, saya berada di belakang dia," kata Marc Marquez dikutip BolaSport.com dari Tuttomotoriweb.

"Itu normal, saya juga mencoba memahami apa yang pebalap lain lakukan. Dan saya lebih suka untuk membatalkan putaran saya dan memulai balapan dari posisi keenam daripada membiarkan dia belajar sesuatu," lanjutnya.

Perihal raihan pole position Rossi, Marquez mengakui bahwa catatan waktu yang dibukukan sembilan kali juara dunia itu bagus.