Satu Persen Kecepatan Tambahan dan Usaha Jorge Lorenzo untuk Menangi MotoGP Catalunya

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 16 Juni 2018 | 13:26 WIB
Pebalap Ducati, Jorge Lorenzo, tampil meyakinkan dan menjadi pebalap tercepat dalam latihan bebas MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Jumat (15/6/2018). (DOK. MOTOGP)

Pebalap Ducati, Jorge Lorenzo, kembali mencoba mengamankan peluangnya untuk kembali meraih kemenangan dengan tampil cepat sejak sesi pertama MotoGP Catalunya.

Hal itu terlihat dari hasil apik yang diraih Lorenzo pada dua sesi latihan bebas atau free practice yang digelar pada Jumat (15/6/2018) di Sirkuit Catalunya, Spanyol.

Saat menjalani latihan bebas pertama (FP1), Lorenzo berada di posisi ketiga dengan torehan waktu lap 1 menit 39,804 detik.

(Baca Juga: Jorge Lorenzo Punya Modal Bagus untuk Raih Kemenangan di MotoGP Catalunya)

Sementara pada latihan bebas kedua (FP2), pebalap berjulukan Por Fuera itu mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 38,930 detik dan menduduki posisi pertama.

Jorge Lorenzo pun menjadi satu-satunya pebalap yang sudah menembus catatan waktu lap 1 menit 38 detik pada gelaran MotoGP di Sirkuit Catalunya.

Sementara saat mengomentari hasil yang diraihnya, Lorenzo mengatakan bahwa kunci dari performa apiknya adalah karena dia dapat membuat kemajuan dalam hal pengereman.

Kemajuan yang dialami Lorenzo itu tidak terlepas dari bentuk tangki baru serta sasis yang mulai digunakannya sejak memenangi balapan MotoGP Italia.

"Saya tetap memakainya karena merasa seperti mendapat 1 persen kecepatan tambahan, tapi terutama karena saya dapat menyimpan lebih banyak tenaga saat mengerem dan inilah perbedaan terbesarnya," kata Lorenzo dikutip BolaSport.com dari Crash.