Perbedaan MotoGP Zaman Dulu dengan Sekarang Versi Valentino Rossi

By Bayu Nur Cahyo - Rabu, 25 Juli 2018 | 05:39 WIB
Pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, terlihat di dalam garasi timnya di sela latihan bebas kedua MotoGP Catalunya di Spanyol, Jumat (15/6/2018). (LLUIS GENE/AFP PHOTO )

Pebalap dari tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, tak ketinggalan memberikan komentar tentang jalannya kejuaraan balap MotoGP di era sekarang.

Valentino Rossi, yang sudah berkecimpung di dunia balapan MotoGP sejak tahun 2002, tahu betul apa yang berbeda dari ajang balapan tersebut.

Memang sudah terjadi banyak perubahan peraturan di MotoGP dari waktu ke waktu, seperti penyuplai ban tunggal, mesin 1000cc, dan peraturan single ECU (electronic control unit).

Menanggapi berbagai perubahan tersebut, Valentino Rossi memiliki cerita sendiri tentang perbedaan kejuaraan MotoGP di masa lalu dengan era sekarang.

"Saya pikir salah satu perbedaan terbesar jika dibandingkan dengan 15 tahun yang lalu adalah sekarang kami selalu sangat dekat selama sesi latihan," kata Rossi, yang dilansir BolaSport.com dari Crash.

Lebih lanjut, Rossi juga menilai ada sesuatu yang positif dari perbedaan-perbedaan tersebut.

Menurut Valentino Rossi, MotoGP sekarang sudah lebih profesional dibandingkan 15 tahun yang lalu.

"Saya rasa jika dibandingkan 15 tahun yang lalu, level profesionalisme dalam olahraga ini sudah banyak meningkat," ucap pebalap asal Italia ini.

"Sekarang tim-tim, khususnya para pebalap, mencoba bekerja mulai dari detail yang kecil. Anda mencoba belajar dan memahami dari tikungan ke tikungan serta dari rem demi rem," terang Rossi lagi.