MotoGP Inggris 2018 - Tanggapan Race Director soal Keluhan Para Pebalap Terhadap Sirkuit Silverstone

By Bayu Nur Cahyo - Minggu, 26 Agustus 2018 | 16:29 WIB
Dani Pedrosa (kiri) dan Johann Zarco (kanan) saat beraksi pada sesi balapan MotoGP Austria 2018 yang berlangsung Minggu (12/8/2018). (twitter.com/HRC_MotoGP)

Jelang sesi balapan MotoGP Inggris yang akan dihelat beberapa jam lagi, Sirkuit Silverstone mendapat kritikan dari beberapa pebalap.

Hal tersebut dikarenakan kondisi lintasan di Sirkuit Silverstone yang dikeluhkan beberapa pebalap.

Diketahui, Sirkuit Silverstone baru saja mendapatkan pengaspalan ulang namun permukaan trek masih bergelombang seperti tahun sebelumnya.

Selain itu keselamatan pebalap juga terancam saat hujan turun. Sesi latihan bebas keempat (FP4) sudah menyebabkan empat pebalap terjatuh karena trek yang licin.

Kualifikasi juga sempat tertunda cukup lama akibat hujan deras. Saking buruknya drainase, pebalap Ducati Jorge Lorenzo menyebut treknya seperti lautan.

Kondisi cuaca di sekitar sirkuit itu juga menjadi sorotan lantaran para pebalap cemas akan hujan kembali turun saat sesi balapan berlangsung nanti.

Menanggapi hal tersebut, Mike Webb selaku race director menjelaskan tentang apa yang sebenarnya terjadi di Sirkuit Silverstone.

"Masalah yang kami punya di tikungan tujuh dan delapan adalah drainase alami pada trek yang hanya ditempatkan pada satu tempat," kata Webb yang dilansir BolaSport.com dari Crash.

"Kami membicarakan tentang hal-hal yang sering kami lakukan sebelumnya yaitu membuat beberapa potongan di trek untuk membuat air mengering ke arah tertentu dan tidak ada aliran air di atas trek," ujar dia lagi.