MotoGP San Marino 2018 - Ketika Marquez dan Rossi Kompak Tidak Kenal dengan Salah Satu Lawannya

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 7 September 2018 | 15:45 WIB
Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kiri) dan pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi saat konferensi pers pre-event MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Kamis (6/9/2018). (DOK. MOTOGP)

Seorang pebalap akan punya kans lebih besar untuk menang jika dapat mengetahui kemampuan lawannya. Namun begitu, apa jadinya bila pebalap tidak hanya tidak tahu soal kelebihan-kekurangan lawannya melainkan juga sosok yang dimaksud.

Pada akhir pekan ini, seorang pebalap debutan akan tampil sebagai pengganti Tito Rabat, pebalap Avintia Racing yang mengalami cedera.

Adalah Christophe Ponsson, pebalap asal Prancis berusia 22 tahun, yang akan menggantikan posisi Rabat dalam seri balap MotoGP San Marino.

Pengalaman balapan Ponsson adalah tampil selama satu musim pada ajang World Superbike pada 2015. Sementara, seperti dikutip BolaSport.com dari Crash, Ponsson saat ini berkompetisi pada ajang kejuaraan regional Superbike Spanyol.

Para pebalap bahkan tidak mengenalnya, termasuk Valentino Rossi dan Marc Marquez ketika mendapat pertanyaan dalam konferensi pers.

"Siapa?" tanya Marquez sambil kebingungan. "Saya tidak tahu ada pebalap lain yang menggantikan Tito."

Setelah diberitahu soal sosok Ponsson, Marquez hanya mengkhawatirkan pengalaman balapan Ponsson.

Menurutnya pebalap yang tidak berpengalaman bisa membahayakan pebalap lainnya.

"Saya tidak mengenalnya, tetapi kami sudah mengatakan sebelumnya, untuk ikut balapan MotoGP, anda perlu mencapai level minimum atau (pengalaman) karier minimum," imbuhnya.