Yamaha Konfirmasi Rekrut 'Si Anak yang Hilang' sebagai Pebalap Penguji Tahun Depan

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 7 September 2018 | 21:02 WIB
Jonas Folger jelang balapan di Sirkuit Sachenring, GP Jerman, pada MotoGP 2017 (motogp.com)

Yamaha akhirnya mengonfirmasi soal sosok pebalap untuk tim penguji berbasis Benua Eropa mereka pada tahun depan.

Adalah mantan pebalap tim satelit Yamaha Tech3, Jonas Folger, yang akan memegang peran sebagai pebalap penguji Yamaha mulai tahun depan.

Kepastian Folger menjadi pebalap penguji dikonfirmasi oleh Direktur Tim Movistar Yamaha Massimo Meregalli di sela-sela sesi latihan bebas pada Jumat (7/9/2018).

Jonas Folger sebenarnya tidak genap semusim tampil bersama motor Yamaha YZR-M1 akibat menderita sindrom Gilbert yang membuatnya kelelahan sewaktu-waktu.

Musim lalu Folger hanya tampil dalam 13 seri balap tetapi berhasil tampil impresif. Salah satu performa terbaiknya adalah saat menjadi runner-up balapan MotoGP Jerman.

Dalam musim debutnya itu, Folger juga sukses bertengger di peringkat ke-10 pada klasemen akhir meski menepi dalam empat seri balap terakhir untuk memeriksa kondisi kesehatannya.

Sempat dikabarkan akan kembali pada musim ini, Folger memutuskan mundur dari MotoGP pada Januari 2018 untuk memulihkan kondisi fisik serta mentalnya.

(Baca Juga: Valentino Rossi Minta Maaf karena Menolak Jabat Tangan Marc Marquez)

Sejak saat itu, Folger sempat menghilang sebelum kembali turun dalam tes mesin baru Moto2. Folger juga dikabarkan terlihat dalam tes privat terbaru di Sirkuit Aragon, Spanyol meski tidak menunggangi motor Yamaha.