Malu Gagal Raih Podium, Max Verstappen Sebut Race Steward Seperti Ini

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 23 Oktober 2017 | 18:32 WIB
Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, berada di garasi timnya jelang sesi latihan ketiga GP Malaysia, di Sirkuit Sepang, Sabtu (30/9/2017). (MOHD RASFAN/AFP)

Max Verstappan malu luar biasa ketika harus mengetahui dirinya mendapat pinalti pada balapan F1 GP Amerika Serikat yang berlangsung hari Minggu (22/10/2017) waktu setempat.

"Saya secara pribadi merasa baik-baik saja. Tentu hal yang sangat memalukan saat anda kehilangan podium setelahnya," tutur Max Verstappen seperti dilansir BolaSport.com dari Crash.

Pinalti diberikan kepada Verstappen setelah terbukti keluar dari trek saat menyalip Kimi Raikkonen untuk finis di posisi ketiga.

Tim race steward yang dipimpin oleh Mika Salo langsung menginvestigasi kejadian tersebut dan menghukumnya dengan pinalti 5 detik yang membuat Verstappen turun ke posisi empat.

Max Verstappen pun kecewa dengan tindakan race steward yang mengeliminasinya dari podium beberapa saat sebelum dirinya akan melakukan selebrasi bersama Sebastian Vettel dan pemenang lomba, Lewis Hamilton.

(Baca Juga: Anthony Joshua Bakal Hadapi 'Balok Semen' pada Akhir Pekan Ini)

"Lalu mereka mengeluarkanmu lagi. Ini hanya satu steward idiot di sana yang membuat keputusan merugikan saya. Sekarang saya mendapat pinalti lima detik dan satu poin pinalti, untuk apa?" ujar pebalap tim Red Bull tersebut.

"Pada akhirnya, saya masih mengalami balapan yang hebat. Saya senang dengan posisi keempat. Hanya saja bagamaman cara mereka (race steward) melakukannya tidak bisa dipercaya."

Ini bukan kali pertama Max Verstappen gagal naik podium meski finis di posisi tiga besar.

Pada GP Meksiko di tahun 2016, Max Verstappen mendapat pinalti setelah memotong chicane saat bersaing dengan Sebastian Vettel dan Daniel Ricciardo untuk posisi ketiga.