Lewis Hamilton: Max Verstappen Layak Dapat Penalti tapi ...

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Selasa, 24 Oktober 2017 | 00:03 WIB
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton (tengah), merayakan kemenangan GP Jepang bersama dua pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen (kiri) dan Daniel Ricciardo, di Sirkuit Suzuka, Minggu (8/10/2017). (TOSHIFUMI KITAMURA/AFP PHOTO)

Lewis Hamilton menganggap jika Max Verstappen layak mendapat penalti setelah keluar dari trek untuk menyalip Kimi Raikkonen demi meraih podium terakhir pada balapan F1 GP Amerika Serikat (22/10/2017).

Memulai balapan dari posisi ke-16, Max Verstappen membuat kejuatan setelah berhasil menyalip Kimi Raikkonen (Ferrari) di lap terakhir.

Sial bagi Verstappen, race steward memutuskan untuk membatalkan posisi podium tersebut setelah menganggap pebalap Belanda tersebut keluar dari trek demi menyalip Raikkonen.

"Jelas dia keluar dari garis pembatas. Anda tidak boleh melewatinya," kata Lewis Hamilton seperti dikutip BolaSport.com dari Sky Sports.

Meski begitu Hamilton tidak menyalahkan Verstappen secara mutlak atas manuver yang dilakukan pebalap Red Bull tersebut.

Menurut Hamilton masalah utama adalah penggunaan material yang kurang tepat pada run off area di Circuit of the Americas maupun sirkuit lainnya.

(Baca Juga: Kocak, Pelari Ini Jadi Juara Lomba Maraton karena Lawan-Lawannya Kesasar)

Run off area di sirkuit tersebut memang tidak menggunakan rumput atau pasir yang cukup untuk menghambat kecepatan mobil pebalap saat melaluinya.

Akibatnya, para pebalap tidak akan merasa khawatir andai harus melebar keluar dari trek.

"Ini adalah masalah dari sirkuit modern. Saya tidak tahu siapa yang membuat keputusan tapi semua run-off area sama dengan yang di sini."