'Ditinggal' 2 Pebalap, Toro Rosso Umumkan Line-Up Baru untuk F1 2018

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 17 November 2017 | 06:17 WIB
Brendon Hartley (kiri) dan Pierre Gasly (kanan) akan menjadi pebalap utama tim Scuderia Toro Rosso di kejuaraan F1 musim 2018. (SCUDERIA TORO ROSSO)

Hari Kamis, 16 September 2017, Tim Scuderia Toro Rosso secara resmi telah mengumumkan nama-nama pebalap yang akan berada di balik kemudi mobil mereka.

Dua pebalap pengganti, Pierre Gasly dan Brendon Hartley akan menjadi line-up utama dari saudara tim Red Bull Racing tersebut.

Gasly sendiri merupakan pebalap hasil didikan Red Bull yang juga merupakan juara GP2 musim 2016.

Sedangkan Brendon Hartley juga pernah menjadi bagian dari program serupa meski sebelumnya belum pernah sekali pun mencicipi balapan F1.

Sempat jadi pebalap penguji Toro Rosso pada tahun 2008 hingga 2010, Hartley lebih memilih tampil di kejuaraan balapan lainnya.

(Baca Juga: China Open 2017 - Indonesia Punya 3 Wakil pada Perempat Final)

Prestasi terbaiknya adalah kala dua kali menjuarai balapan ketahanan, FIA World Endurance Championship pada tahun 2015 dan 2017.

Pengumuman ini pun disambut baik oleh kepala tim, Franz Tost.

"Kami sangat senang memiliki Pierre dan Brendon yang dikonfirmasi begitu dini oleh Red Bull sebagai pebalap kami untuk tahun 2018," kata Franz Tost seperti dikutip BolaSport.com dari MotorSport.

"Mereka telah menunjukkan bahwa siap menghadapi Formula 1, berusaha mengatasi mobil dengan cepat, menunjukkan penampilan bagus dan selalu siap menghadapi tantangan tersebut," ucapnya lagi.