Cara Manjur Turunkan Berat Badan? Cobalah Jadi Pebalap F1

By Doddy Wiratama - Kamis, 7 Desember 2017 | 20:54 WIB
Sebastian Vettel (merah) merebut posisi terdepan dari Valtteri Bottas (abu-abu) selepas start balapan F1 GP Brasil yang berlangsung di Sirkuit Jose Carlos Pace, Sao Paulo, Brazil (12/11/2017). (TWITTER.COM / F1)

Pasti banyak yang sudah mengetahui jika seorang pebalap Formula 1 bisa kehilangan berat badan cukup signifikan setiap usai berlomba di atas lintasan.

Dilansir BolaSport.com dari Telegraph, seorang pebalap bisa kehilangan hingga 3Kg usai menjalani balapan dengan mobil F1.

Bahkan pada beberapa seri yang berlangsung dalam kondisi yang panas (GP Malaysia) pebalap bisa kehilangan hampir 4Kg berat badan mereka.

Hal tersebut mungkin saja terjadi karena beberapa faktor penyebab, mulai dari kehilangan banyak cairan saat berada di cockpit hingga menahan gaya gravitasi yang bisa mencapai 5G.

Bisa dibayangkan berapa Kilogram yang hilang dari tubuh seseorang setelah menjalani satu musim kompetisi F1 (musim 2017 menggelar 20 seri).

Dengan fakta di atas, bukankah F1 adalah metode olahraga yang tepat bagi orang yang bercita-cita untuk menurunkan berat badan (dengan cepat)?

(BACA JUGA : Valtteri Bottas: Lewis Hamilton Tidak Perlu Anggap Saya sebagai Penghalang)

Sayangnya seorang pebalap F1 tidak diperbolehkan untuk terus kehilangan berat badan karena selain berbahaya, mereka harus dalam keadaan prima

Seorang pebalap akan berusaha mengembalikan diri ke berat badan semula usai mengendarai mobil Formula 1.

Setelah menjalani sebuah sesi balapan yang melelahkan, seorang pebalap akan segera mengganti cairan tubuh yang terbuang dan mengonsumsi berbagai asupan gizi lainnya.