Punya Pebalap Sepotensial Max Verstappen, Force India Mengaku Beruntung

By Doddy Wiratama - Selasa, 9 Januari 2018 | 14:27 WIB
Esteban Ocon berhasil mencetak waktu tercepat ke-5 di sesi kualifikasi F1 GP Italia pada Sabtu (2/9/2017). (twitter.com/OconEsteban)

Tim Sahara Force India mengaku sangat beruntung dapat memiliki sosok Esteban Ocon sebagai salah satu pebalap andalan dalam mengarungi kompetisi Formula 1.

Bahkan salah satu petinggi tim Force India, Otmar Szafnauer, menganggap jika kemampuan Esteban Ocon sama potensialnya dengan pebalap muda tim Red Bull Racing, Max Verstappen.

Meski jumlah poin Ocon masih kalah dibanding Verstappen, namun pebalap asal Prancis itu mampu tampil lebih konsisiten pada F1 musim 2017.

Esteban Ocon mampu selalu mencetak poin pada 18 dari 20 seri balapan musim lalu sementara Max Verstappen gagal meraih poin sebanyak 7 kali.

"Sulit untuk memberi penilaian karena Ocon dan Verstappen menggunakan dua mobil yang berbeda," kata Otmar Szafnauer dikutip BolaSport.com dari ESPN.

(Baca Juga : Pierre Gasly Ingin Buktikan jika F1 Bukan Sekadar Soal Uang)

Szafnauer mengatakan jika Force India beruntung karena memiliki pebalap yang sebaik Max Verstappen namun dengan gaji yang jauh lebih murah.

"Verstappen punya kontrak bersama Red Bull dengan nilai besar dan mungkin kami menghemat (ratusan pounds) dengan menggandeng Ocon," kata Szafnauer.

"Tapi saya pikir Ocon sama baiknya (dengan Verstappen). Saat dia mengemudikan mobil Force India untuk kali pertama, kami tahu ada sesuatu istimewa dalam dirinya."

Meskipun demikian, Otmar Szafnauer sadar jika timnya cepat atau lambat akan ditinggalkan oleh Esteban Ocon yang datang ke Force India dengan status pinjaman dari Mercedes.