Salut! Test Driver Williams Ini Dipuji Karena Pengorbanan yang Dilakukannya Demi Rekan Setimnya

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 10 Maret 2018 | 19:20 WIB
Robert Kubica berbicara dengan kru tim Williams saat tes ban Pirelli yang berlangsung di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Selasa (28/11/2017) (DOK. WILLIAMS RACING)

Test driver (pebalap penguji) Williams, Robert Kubica, mendapat pujian selepas menjalani tes pramusim Formula 1 (F1) di Sirkuit Catalunya, Spanyol, pada tanggal 6-9 Maret 2019.

Bukan karena performanya di atas lintasan melainkan karena pengorbanan yang dilakukannya demi sang pebalap utama, Lance Stroll.

Kubica awalnya dijadwalkan tampil pada sesi pagi hari pada Jumat (9/3/2018), sebelum memberikan kesempatan kepada pebalap utama lainnya, Sergey Sirotkin, pada sesi berikutnya.

Namun Kubica justru meminta kru tim Williams agar memberikan jatah penampilannya kepada Stroll.

Permintaan pebalap Polandia bukannya tanpa alasan.

(Baca Juga: Masalah Teknis Tak Hentikan Sean Gelael untuk Rampungkan Tes Pertama F2 dengan Bagus)

Kubica berpendapat bahwa jatah tes di hari terakhir akan lebih bermanfaat bagi Stroll yang kehilangan banyak kesempatan pada tes sebelumnya karena cuaca dan masalah mobil.

Padahal Kubica memiliki ambisi untuk segera melakukan comeback di F1 sehingga setiap kesempatan untuk berada di atas kemudi sangatlah berharga.

Keputusan yang diambil Kubica itu pun mendapat pujian dari tim yang akan menurunkan dua pebalap muda di F1 2018.

"Jadi itu adalah tawaran yang murah hati dari Kubica. Permintaannya tidak berasal dari tim," kata Wakil Kepala Tim Williams, Claire Williams, dikutip BolaSport.com dari Autosport.