Begini Beratnya Hidup Sebagai Teknisi Mobil F1

By Bayu Nur Cahyo - Minggu, 25 Maret 2018 | 20:04 WIB
Para Teknisi Tim Williams Martini Racing sedang mengganti ban mobil F1 Lance Stroll. (DOK-TWITTER.COM/WilliamsRacing)

Teknisi pengembangan performa mobil Formula 1 dari tim Williams Martini Racing, Jack Hoodless, membagikan pengalamannya menangani mesin mobil F1.

Menurut Jack Hoodless, yang saat ini menangani mobil Lance Stroll, menjadi seorang teknisi mempunyai suka duka tersendiri.

Hoodless bercerita bahwa menjadi teknisi akan selalu disibukkan dengan pengetesan yang memakan waktu lebih dari jam kerja orang Indonesia.

"Kami harus bekerja dengan tingkat ketepatan yang tinggi secara konsisten, hal tersebut penuh dengan tekanan," ucap Hoodless yang dilansir BolaSport.com dari BBC.

"Kami bekerja tidak hanya Minggu sore, kami bekerja dari Senin atau Selasa di garasi dan merancang mobil-mobil."

(Baca juga: Ini Pesan Radio Fernando Alonso Kepada Tim McLaren)

"Pekerjaan itu tak pernah selesai hanya dalam delapan jam kerja dan saya bekerja sangat sangat keras," kata Hoodless.

Kemudian, teknisi terbaik tim Williams tersebut mengungkapkan bahwa ia harus berada jauh dari keluarganya, namun Hoodless menyukai pekerjaannya tersebut.

"Anda harus berada jauh dari keluarga selama 250 hari dalam setahun. Anda harus bersabar menjalani kehidupan sebagai teknisi, tapi saya menyukai pekerjaan saya."

"Bekerja di Formula 1 sangat luar biasa, saya sudah memimpikannya sejak kecil dan ketika saya berhasil berada disini (sebagai teknisi) saya merasa sangat bangga," tutup Hoodless.