Sebastian Vettel Bela Timnya meski Gagal Podium karena Strategi yang Tidak Tepat

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 14 Mei 2018 | 08:10 WIB
Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, melakukan pitstop kedua saat menjalani balapan GP Spanyol yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol pada Minggu (13/5/2018). (DOK. SCUDERIA FERRARI)

Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, kembali meraih hasil kurang memuaskan setelah gagal naik podium pada balapan seri kelima GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu (13/5/2018).

Vettel sebenarnya mengawali balapan dengan baik dan mempertahankan posisi kedua dari Valtteri Bottas (Mercedes) hingga paruh kedua balapan.

Namun begitu, pitstop kedua yang diambil tim kuda jingkrak pada balapan tersebut harus dibayar mahal oleh Vettel.

Berniat memanfaatkan Virtual Safety Car pada lap ke-42 untuk mengganti ban, posisi Vettel justru turun dua setrip karena waktu pitstop yang terlalu lama.

Vettel pun akhirnya harus puas finis di posisi keempat setelah gagal mengejar Max Verstappen (Red Bull Racing) yang berada di depannya.

Menanggapi hal tersebut, Vettel membela timnya dan mengatakan bahwa strategi yang diambil sudah tepat.

(Baca Juga: Setelah 1 Bulan Perang Dingin, Valentino Rossi dan Marc Marquez akan Kembali Tampil Bersama di Hadapan Publik)

"Ya, karena sarannya adalah saya tidak punya pilihan untuk bertahan di lintasan," kata Vettel dikutip BolaSport.com dari Motorsport.

Vettel mengakui bahwa timnya mengalami masalah pengausan ban yang cukup serius pada balapan tersebut.

Hal itu pula yang membuatnya gagal menyalip Verstappen meski menggunakan ban yang lebih baru.