Sempat Ditolak, Fitur Keamanan F1 Ini Ternyata Sudah Berhasil Selamatkan Nyawa Pebalap

By Bayu Nur Cahyo - Selasa, 15 Mei 2018 | 08:59 WIB
Mobil Tadasuke Makino setelah terlibat insiden tabrakan dengan Nirei Fukuzumi pada F2 GP Spanyol 2018, Minggu (13/5/2018). (DOK. TADASUKE MAKINO)

Ketika sejumlah tim Formula 1 mengeluhkan tentang peraturan Halo yang berubah-ubah, Tadasuke Makino (pebalap Formula 2) justru bersyukur dengan adanya fitur keamanan itu.

Halo adalah sebuah pelindung yang ditempatkan pada mobil F1 dan sudah menjadi komponen yang wajib terpasang mulai musim 2018.

Kehadiran fitur ini sempat mendapat tentangan karena dianggap menghalangi jarak pandang pebalap dan juga merusak estetika mobil F1. 

Namun kabar terbaru, Halo sudah menyelamatkan nyawa satu pebalap yang mengarungi kasta kedua ajang balap jet darat itu, Formula 2 (F2).

Dia adalah Tadasuke Makino (tim Russian Time) yang merasa terselamatkan atas ditambahkannya komponen Halo pada mobilnya.

Kala itu, Makino sedang menjalani seri balapan GP Spanyol untuk Formula 2 yang berlangsung Minggu (13/5/2018).

(Baca juga: Salut! Deretan Pebalap MotoGP Panjatkan Doa atas Aksi Teror Bom di Indonesia)

Tadasuke Makino terlibat insiden dengan Nirei Fukuzumi (tim Arden) yang menyebabkan keduanya menabrak pembatas lintasan di tikungan keempat Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol.

Mengenai insiden tersebut, Makino mengaku bahwa dirinya terselamatkan dengan adanya Halo.

"Saya pikir saya terselamatkan dengan adanya Halo," ucap Tadasuke Makino dilansir BolaSport.com dari Motorsport.