Sundul Rival dari Belakang dengan Kencang, Charles Lecrec Terbebas dari Hukuman

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 28 Mei 2018 | 18:24 WIB
Pebalap Sauber, Charles Lecrec (#16), kehilangan kendali mobilnya dan menabrak Brendon Hartley saat melakoni balapan GP Monaco di Sirkuit Jalan Raya Monte Carlo, Monako, Kamis (24/5/2018). (DOK. FORMULA 1)

Race Steward membebaskan pebalap Sauber, Charles Leclrec, dari hukuman atas insiden yang melibatkan sang pebalap dengan rivalnya Brendon Hartley (Toro Rosso) pada balapan seri keenam Formula 1 (F1) GP Monaco, Minggu (27/5/2018).

Pada lap ke-70, Leclerc secara tiba-tiba kehilangan kendali mobilnya dan melaju lurus dengan kencang saat akan melewati chicane dari Circuit de Monaco.

Nahas bagi Hartley yang berada di depan Leclerc, mobil pebalap Sauber tersebut sukses menghancurkan bagian belakang mobilnya.

Race Steward yang menyelidiki insiden tersebut memutuskan bahwa kecelakaan tersebut tidak terjadi karena kesalahan pebalap.

Cakram rem bagian depan-kiri milik Leclerc dinilai sebagai sumber masalah yang menyebabkan sang pebalap tidak dapat menghentikan mobilnya.

(Baca Juga: Jadwal Lengkap MotoGP Italia 2018 - Saatnya Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso Bangkit)

"Empat lap sebelum insiden, saya merasa seperti pedal remnya sangat-sangat panjang," ujar Leclerc dikutip BolaSport.com dari laman F1.

"Remnya sangat tidak konsisten, bahkan ketika memberi tekanan yang sama ke pedalnya. Remnya kadang bekerja, lalu tidak bekerja, kemudian bekerja lagi."

"Ini sangat sulit untuk diatasi dan pada satu titik, mereka benar-benar rusak," tutur Leclerc kemudian.

Insiden tersebut pada akhirnya membuat Charles Leclerc dan Brendon Hartley gagal melanjutkan balapan dan kehilangan poin pada balapan kali ini.