Digandeng Red Bull Racing, Ini Target Tinggi yang Bakal Diusung Honda

By Doddy Wiratama - Rabu, 20 Juni 2018 | 08:55 WIB
Pebalap Red Bull Racing asal Belanda, Max Verstappen, saat menjalani sesi latihan pertama (P1) GP Malaysia di Sirkuit Sepang Internasional, Kuala Lumpur, Jumat (29/9/2017). ( ROSLAN RAHMAN/AFP PHOTO )

 Setelah 12 tahun bekerja sama dengan Renault, Red Bull Racing dipastikan bakal memiliki supplier power units baru mulai musim kompetisi F1 2019.

Pasalnya, tim yang berbasis di Milton Keynes, Inggris, itu resmi telah menggandeng Honda sebagai penyedia pasokan power unit mereka.

Keputusan beralih dari Renault dan Honda diambil oleh Red Bull Racing setelah melihat data perkembangan mesin keduanya pada F1 GP Canada 2018 sekitar dua pekan yang lalu.

Red Bull yang saat ini menggunakan power unit dari Renault memungkinkan melihat data milik Honda melalui "tim saudara kecil" mereka, Scuderia Toro Rosso.

Pada sisi lain, kerja sama dengan Red Bull Racing ini bakal memberi tantangan tambahan bagi Honda lantaran mulai tahun depan akan menyuplai power unit untuk dua tim sekaligus.

Tekanan semakin besar karena perusahaan asal Jepang itu mendapat sorotan tajam saat terseok-seok selama tiga musim bersama McLaren.

(Baca Juga : Beralih dari Renault ke Honda, Begini Penjelasan Bos Tim Red Bull Racing)

Meskipun demikian, Masashi Yamamoto (General Manager Honda) menyambut positif kerja sama dengan Red Bull Racing.

"Red Bull telah berhasil memenangkan beberapa balapan dan mereka memiliki sasis sangat bagus yang berarti kami akan memiliki peluang lebih besar untuk memenangkan balapan," kata Yamamoto dikutip BolaSport.com dari Sky Sports.