Human Error Berujung Petaka pada F1 GP Prancis 11 Tahun Lalu

By Any Hidayati - Jumat, 22 Juni 2018 | 12:24 WIB
Lihatlah betapa sedikitnya tribun utama di Sirkuit Paul Ricard. Daya tampungnya tak sampai untuk 4.000 orang. (Arief Kurniawan/BOLASPORT)

Setelah 10 tahun absen, balapan Formula 1 (F1) GP Prancis akan kembali digelar di Negeri Mode tersebut pada akhir pekan ini.

Jelang balapan tersebut, sejumlah memori pun kembali dimunculkan, termasuk kenangan buruk yang terjadi pada 11 tahun lalu.

Pada F1 GP Prancis 2007, Christijan Albers yang berada di bawah bendera Spyker-Ferrari mengalami human error hingga akhirnya gagal finis di balapan yang saat itu masih menggunakan Circuit de Nevers Magny-Cours, Magny-Cours, Prancis

Pebalap Belanda tersebut harus menghentikan balapan pada putaran ke-28 karena human error yang terjadi saat pengisian bahan bakar.

Ketika malakukan pit stop selang bahan bakar mobilnya belum terlepas secara sempurna saat Christijan Albers memasuki lintasan kembali.

Alhasil, selang bahan bakar Albers masih menempel di badan mobil dan memaksa dia menepi di pinggir lintasan dan gagal melanjutkan balapan.

Albers yang memulai balapan dari posisi start ke-20 menyudahi lomba dengan nahas yakni retired pada putaran ke-28.

(Baca Juga: Novak Djokovic Sebut Nadal Bisa Jadi Penantang Utama Federer pada Wimbledon 2018)

Kejadian ini, kemudian diunggah kembali oleh akun Instagram resmi F1 dua hari jelang seri GP Prancis 2018 berlangsung.