Update Klasemen F1 2018 - Kemenangan GP Prancis Bantu Hamilton Gusur Vettel dari Posisi Pemuncak Klasemen

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 24 Juni 2018 | 23:11 WIB
Pemenang balapan GP Prancis, Lewis Hamilton (Mercedes/tengah), menaiki podium bersama dengan pengisi posisi tiga besar lainnya, Max Verstappen (Red Bull Racing/kiri), dan Kimi Raikkonen (Ferrari). (DOK. FORMULA 1)

Kemenangan pada balapan seri kedelapan Formula 1 (F1) GP Prancis, Minggu (24/6/2018), menghantarkan pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, kembali menaiki takhta pemuncak klasemen.

Hamilton datang ke Sirkuit Paul Ricard dengan ketertinggalan satu poin dari pebalap peringkat pertama, Sebastian Vettel (Ferrari).

Sang juara bertahan pun langsung bergerak cepat untuk mengamankan kansnya dengan menyabet pole position sekaligus podium teratas.

(Baca Juga: Selain Pedrosa, Lorenzo Juga Singkirkan Mantan Polisi untuk Mendapat Kursi Pebalap Repsol Honda)

Tambahan 25 poin dari balapan GP Prancis membawa Hamilton mengoleksi total 145 poin dan mengambil alih posisi pemuncak klasemen.

Sementara Vettel yang kehilangan kesempatan akibat menabrak Valtteri Bottas (Mercedes) pada lap pertama harus menelan pil pahit.

Pebalap berkebangsaan Jerman itu hanya finis di posisi kelima sehingga kini menduduki peringkat kedua dengan torehan 131 poin.

Kekecewaan lain juga dirasakan rekan satu tim Hamilton, yaitu Valtteri Bottas.

Kerusakan pada bagian floor akibat insiden dengan Vettel membuat Bottas tampil kesusahan dan hanya dapat finis di posisi ketujuh.