Pebalap Putri asal Arab Saudi Jajal Mobil F1 untuk Rayakan Pencabutan Larangan Mengemudi di Negaranya

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Senin, 25 Juni 2018 | 18:37 WIB
Pebalap putri asal Arab Saudi, Aseel Al Hamad, mengemudikan mobil balap tim F1 Renault di Sirkuit Paul Ricard, Prancis, Minggu (24/6/2018), untuk merayakan dicabutnya larangan mengemudi bagi perempuan di negaranya. (DOK. RENAULT SPORT)

Pebalap asal Arab Saudi, Aseel Al Hamad, mendapat kehormatan saat mengemudikan mobil balap milik tim Formula 1 (F1) Renault menjelang berlangsungnya balapan seri GP Prancis, Minggu (24/6/2018).

Aseel Al Hamad melakukan satu putaran di Sirkuit Paul Ricard dengan mengemudikan mobil Renault E20 yang digunakan Kimi Raikkonen pada 2012.

Renault memang punya alasan khusus untuk mengikutsertakan pebalap putri tersebut dalam "Passion Parade" yang dilakukan beberapa jam sebelum balapan.

(Baca Juga: Update Klasemen F1 2018 - Kemenangan GP Prancis Bantu Hamilton Gusur Vettel dari Posisi Pemuncak Klasemen)

Putaran yang dilakukan oleh Al Hamad secara simbolis merayakan hari di mana perempuan di negaranya diperbolehkan untuk mengemudi.

Aseel Al Hamad, yang merupakan anggota perempuan pertama dari Federasi Motorsport Arab Saudi, merasa bahagia dapat mendapatkan kesempatan untuk mengemudikan mobil balap F1.

"Saya menggemari balapan sejak masih kecil dan mengemudikan mobil F1 adalah hal yang melampaui impian saya," kata Al Hamad dikutip BolaSport.com dari Gulfnews.

"Saya berharap dengan melakukannya pada hari di mana perempuan dapat mengemudi di jalanan di Arab Saudi dapat menunjukkan apa yang dapat Anda lakukan jika punya hasrat dan semangat untuk bermimpi," ujar dia menambahkan.

Seperti dikutip BolaSport.com dari Kompas.com, pada Sabtu (23/6/2018) tengah malam waktu setempat, Kerajaan Arab Saudi mencabut larangan bagi perempuan untuk mengemudi.