F1 Bakal Bicarakan Perubahan Jumlah Pebalap dalam 1 Tim

By Diya Farida Purnawangsuni - Rabu, 11 Juli 2018 | 15:48 WIB
Sebastian Vettel (merah) merebut posisi terdepan dari Valtteri Bottas (abu-abu) selepas start balapan F1 GP Brasil yang berlangsung di Sirkuit Jose Carlos Pace, Sao Paulo, Brazil (12/11/2017). ( DOK. F1 )

Direktur Teknik Sport Formula 1 (F1) Pat Symonds mengatakan bahwa ajang balap F1 "harus betul-betul memikirkan" tentang perubahan jumlah pebalap dalam satu tim.

Saat ini, regulasi F1 mengatur setiap tim hanya boleh memiliki dua pebalap aktif.

Dengan aturan tersebut, masing-masing tim hanya punya dua mobil dalam satu balapan.

(Baca juga: Marc Marquez Tak Akan Menang dengan Motor Aprilia)

Namun, saat menghadiri konferensi yang digelar Asosiasi Industri Motorsport (Motorsport Industry Association) pada pekan lalu, Pat Symonds mengatakan bahwa kemungkinan untuk menjalankan satu atau tiga mobil dalam satu tim di sebuah balapan seharusnya mulai dipikirkan.

"Wacana itu selalu ada di agenda. Hal tersebut ada benarnya dan mungkin pada pertemuan kami berikutnya, hal tersebut akan menjadi sesuatu yang diperdebatkan," tutur Symonds yang dilansir BolaSport.com dari Race Fans, Rabu (11/7/2018).

Lebih lanjut, Symonds mengatakan bahwa pihak penyelenggara balapan F1 tengah mencari cara untuk menambah jumlah kompetitor dari yang sudah ada pada saat ini yakni 20 pebalap.

"Salah satu yang dipikirkan ialah berapa jumlah ideal mobil dalam sebuah balapan?" ucap Symonds.

"Lebih dalam lagi konteksnya ialah 'perlukah kami memperkenalkan lebih banyak tim pada F1?" kata Symonds lagi.