Usai Putuskan Pensiun, Fernando Alonso Beberkan Borok pada Persaingan F1

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 17 Agustus 2018 | 20:19 WIB
Pebalap McLaren-Renault, Fernando Alonso, tiba di sirkuit sebelum menjalani balapan GP Canada di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Kanada, Minggu (10/6/2018). ( MARK THOMPSON/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP PHOTO )

Fernando Alonso akhirnya buka suara menyusul keputusannya untuk pensiun dari Formula 1 (F1) setelah musim ini berakhir.

Seperti diberitakan BolaSport.com sebelumnya, pada Selasa (14/8/2018), pebalap McLaren itu mengumumkan untuk berhenti dari ajang yang telah membesarkan namanya.

Menanggapi keputusannya itu, Alonso mengatakan bahwa dia melakukannya lantaran kecewa dengan level persaingan di dalam lintasan yang dirasanya kurang.

"Saya berhenti karena aksi di dalam lintasan, menurut saya, sangat kurang. Faktanya, apa yang lebih banyak kita bicarakan soal F1 adalah di luar lintasan," kata Alonso dikutip BolaSport.com dari Motorsport.

"Kita berbicara soal polemik, pesan radio. Kita berkutat dengan hal-hal ini, dan ketika kita melakukannya, itu adalah pertanda buruk," ucap Alonso.

Alonso pun membandingkannya dengan musim-musim sebelumnya, di mana dia tidak meraih banyak kemenangan namun merasa antusias lantaran hasil yang sulit untuk diprediksi.

"(Sekarang) kita pergi ke Barcelona dan melakukan tes pertama musim dingin kemudian tahu apa yang akan terjadi hingga bulan November di Abu Dhabi. Itu tidak mudah," tutur Alonso.

(Baca Juga: Jika Dinilai secara Lebih Adil, Begini Penampakan Klasemen Paruh Musim Pertama F1)

Menurutnya situasi tersebut akan menyulitkan bagi pebalap muda yang ingin mengembangkan karier balapannya pada ajang F1.