F1 GP Italia 2018 - Sudah Bertahan selama 14 Tahun, Rekor Pole Tercepat F1 Akhirnya Dipecahkan Pebalap Ferrari Ini

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Minggu, 2 September 2018 | 15:53 WIB
Kimi Raikkonen saat sesi latihan bebas GP Italia di Sirkuit Monza, Italia. (DOK. F1)

Rekor putaran pole tercepat pada kejuaraan Formula 1 (F1) yang telah bertahan selama 14 tahun akhirnya terpecahkan di Sirkuit Monza, Italia, pada Sabtu (1/9/2018).

Para penonton yang menyaksikan kualifikasi GP Italia menyaksikan tiga pebalap tercepat saling beradu untuk mencetak waktu lap tercepat pada menit-menit terakhir.

Pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen, sukses menjadi yang tercepat dengan waktu lap 1 menit 19,119 detik dan unggul 0,161 detik dari rekan satu timnya, Sebastian Vettel.

Catatan Raikkonen tersebut sekaligus juga melampaui rekor putaran pole tercepat yang sebelumnya ditorehkan pebalap Kolombia, Juan Pablo Montoya.

Sebagai informasi BolaSporter, putaran pole tercepat diukur dengan satuan kecepatan rata-rata mengingat tidak hanya satu sirkuit saja yang diperlombakan pada ajang F1.

Sementara catatan 1 menit 19,119 detik untuk memutari trek sepanjang 5,793 km membuat Kimi Raikkonen mencetak kecepatan rata-rata sebesar 263,587 kilometer per jam (kpj).

Torehan Raikkonen tersebut lebih cepat ketimbang catatan waktu rata-rata 259,855 kpj milik Montoya saat membawa tim Williams meraih pole position GP Italia pada musim 2004.

(Baca Juga: Makanan Indonesia Ini Jadi Primadona di Wisma Atlet sampai Bikin Atlet Korea Selatan Ingin Menikmatinya Setiap Hari)

Kendati demikian, Kimi Raikkonen tidak mau terlalu jemawa terhadap fakta dirinya juga mencetak rekor baru saat memastikan posisi start terdepan dalam balapan GP Italia nanti.