F1 GP Singapura 2018 - Ketika 2 Pebalap Teratas Sama-sama Bikin Blunder saat FP2

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Sabtu, 15 September 2018 | 16:25 WIB
Pebalap Ferrari Sebastian Vettel menyenggol dinding pembatas saat keluar dari tikungan 21 Sirkuit Jalan Raya Marina Bay saat latihan bebas kedua F1 GP Singapura, Jumat (14/9/2018). (DOK. F1)

Sesi latihan bebas (free practice/FP) kedua GP Singapura berjalan kurang baik bagi dua pebalap teratas Lewis Hamilton (Mercedes) dan Sebastian Vettel (Ferrari) setelah keduanya sama-sama membuat blunder.

Pemuncak klasmen Lewis Hamilton bahkan tidak segan mengatakan bahwa eror yang dilakukannya merupakan kesalahan seorang pemula.

Pebalap berkebangsaan Inggris itu nyaris menabrak Vettel saat hendak menyalip sebelum tikungan 14 tetapi justru membatalkan manuvernya dan membuat bannya mengunci.

Hamilton segera membelokkan mobilnya untuk menghindari Vettel yang hendak menikung dan bergerak ke escape road sebelum melanjutkan kembali penampilannya.

"Saya membiarkan mereka (Vettel dan pebalap Force India Sergio Perez) lewat tetapi keduanya melambat jadi saya mencoba kembali berada di depan mereka," kata Hamilton dikutip BolaSport.com dari Motorsport.

"(Tetapi) Sebastian menambah kecepatannya dan ban saya mengunci sehingga akan menabraknya, jadi saya harus banting setir ke kiri dan menghancurkan ban saya.

"Itu seperti kesalahan seorang pemula, tapi itu tidak sering terjadi," imbuh Hamilton yang akhirnya berada di posisi kedua saat FP2.

Kesalahan juga tidak hanya dilakukan oleh Lewis Hamilton. Sang kompetitor, Sebastian Vettel, juga melakukan eror saat hampir menabrak dinding pembatas Sirkuit Jalan Raya Marina Bay.

Dalam usahanya mencetak waktu lap cepat, Vettel sedikit menyenggol dinding saat keluar dari tikungan 21.