Hasil FP1 GP Rusia 2018 - Sebastian Vettel Tercepat, Mercedes Diam-diam Mengancam

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Jumat, 28 September 2018 | 16:39 WIB
Pebalap Ferrari Sebastian Vettel menjadi yang tercepat saat sesi latihan bebas pertama GP Rusia di Sirkuit Sochi, Rusia, Jumat (28/9/2018). (DOK. FORMULA 1)

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel langsung tancap gas sejak sesi latihan bebas (free practice/FP) pertama Formula 1 GP Rusia di Sirkuit Sochi, Jumat (28/9/2018).

Menggunakan ban hypersoft, Sebastian Vettel berhasil memimpin perolehan waktu lap setelah menorehkan catatan terbaik 1 menit 34,488 detik.

Catatan Vettel dengan ban terlunak alias tercepat untuk GP Rusia tersebut sudah lebih baik ketimbang torehan terbaiknya saat kualifikasi pertama musim lalu yaitu 1 menit 34,493 detik.

Menyusul di posisi kedua, ada Max Verstappen (Red Bull Racing) yang mencetak waktu lap terbaik 1 menit 34,538 detik.

Verstappen juga memasang ban hypersoft untuk sesi FP1 GP Rusia dan menguasai sektor ketiga Sirkuit Sochi.

(Baca Juga: Setelah 7 Tahun, Akhirnya Ada Pebalap Italia yang Tampil Penuh pada Ajang F1)

Adapun duo Mercedes seakan menyimpan kekuatan saat tidak memasang ban terlunak untuk FP1. Akan tetapi mereka sudah mulai memberikan ancaman lantaran gap dengan Vettel yang tidak terlalu besar.

Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas sama-sama menggunakan ban ultrasoft serta supersoft. Namun itu sudah cukup untuk membawa mereka mencetak waktu lap terbaik ketiga dan keempat.

Waktu lap terbaik milik Hamilton terpaut 0,330 detik ketimbang catatan terbaik Vettel. Adapun Bottas sepersekian detik lebih lambat ketimbang rekan satu timnya itu dan terpaut 0,511 detik dari Vettel.

(Baca Juga: Jadwal F1 GP Rusia 2018 - Ferrari Bisa Tampil Dominan tetapi Mercedes Juga Bisa Curi Kemenangan)