Bos Mercedes Siap Tanggung Jawab soal Team Order pada Formula 1 GP Rusia 2018

By Any Hidayati - Senin, 1 Oktober 2018 | 16:00 WIB
Bos tim Mercedes, Toto Wolff, menghadiri konferensi pers jelang balapan Formula 1 (F1) GP Austria 2018 di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, 29 Juni lalu. (GEORG HOCHMUTH/AFP PHOTO)

Bos Mercedes, Toto Wolff, mengaku siap bertanggung jawab soal team order yang dilakukan timnya di Formula 1 (F1) GP Rusia 2018 pada Minggu (30/9/2018).

Wolff mengaku telah berkonsultasi dengan kepala tim strategi, James Vowles, soal strategi pitstop yang mereka lakukan di lap ke-12 dan lap ke-14.

"Kami telah saling tahu ketika masuk pistop," ujar Wolff seperti dikutip BolaSport.com dari Motorsport.

Wolff kemudian menjelaskan bahwa strategi mereka sempat tidak berjalan sesuai rencana.

"Kami melakukan hal yang baik dengan mengundang Bottas duluan agar bisa mengamankan posisinya tetapi saat giliran Hamilton kami terlambat satu putaran," tutur Wolff.

Bottas melakukan pit stop pada lap ke-12, disusul oleh Vettel tepat satu lap setelahnya, sedangkan Hamilton masuk ke box pada lap ke-14.

Pebalap rival Mercedes yaitu Sebastian Vettel dari Ferrari sendiri melakukan pitstop pada lap ke-13 atau di antara dua pebalap asuhan Wolff.

"Saya akan bertanggung jawab karena saya telah membicarakan ini dengan James Vowles soal kapan kami harus melakukan panggilan. Itulah mengapa dia telat masuk lintasan dan kehilangan posisinya," kata Wolff menegaskan.

"Saat kami sadar mau melakukan sesuatu saya bertukar pikiran dengan Vowles sehingga kami terlambat satu putaran."