Alasan di Balik Kontroversi Team Order Mercedes pada Balapan F1 GP Rusia 2018

By Any Hidayati - Senin, 1 Oktober 2018 | 16:24 WIB
Toto Wolff Terinspirasi Mercedes (Essentially Sports)

Selain siap bertanggung jawab dengan kontroversi team order Mercedes pada balapan Formula 1 (F1) GP Rusia 2018, Toto Wolff selaku bos tim juga mengungkapkan alasan di balik keputusan tersebut.

Dilansir BolaSport.com dari MotorSport, Toto Wolff mengungkapkan bahwa strategi pit-stop berjalan sedikit melenceng dari perkiraan sehingga dibutuhkan team order untuk mengatasi masalah tersebut.

"Kami memanggil (Valtteri) Bottas ke pit-stop kemudian disusul (Lewis) Hamilton, tetapi hal itu terlambat karena (Sebastian) Vettel masuk pit lebih dulu dari Hamilton," ujar Wolff.

"Hamilton harus berjuang keras untuk menyalip Vettel yang sebenarnya membalap cukup baik, tetapi membuat ban melepuh. Kemudian kami berada dalam situasi Bottas sudah ganti ban dan Hamilton di belakangnya dengan kondisi ban melepuh," tutut Wolff lagi.

Pada kondisi tersebut, Wolff yang telah berdiskusi dengan kepala tim strategi, James Vowles, pun mengambil keputusan team order.

"Pada kondisi tersebut hanya ada dua kemungkinan. Kemungkinan terbaik adalah kami finis dengan urutan Hamilton kedua dan Bottas pertama," kata Wolff.

"Namun, kemungkinan terburuk adalah kondisi ban tidak bertahan hingga akhir dan Hamilton akan disalip Vettel," ucap dia melanjutkan.

Demi menghindari kemungkinan terburuk, Mercedes akhirnya mengonfirmasi team order yang meminta Bottas untuk melepas posisi kedua ketika ia berada di belakang Max Verstappen (Red Bull) yang tengah memimpin balapan pada lap ke-25.

(Baca Juga: Hasil F1 GP Rusia 2018 - Lewis Hamilton Sukses Finis Terdepan Usai Mercedes Terapkan Team Order)