Valtteri Bottas Siap Lahir Batin Andai Mercedes Kembali Lakukan Team Order di Jepang

By Any Hidayati - Kamis, 4 Oktober 2018 | 20:31 WIB
Dua pebalap Mercedes, Valtteri Bottas (kiri) dan Lewis Hamilton, melakukan selebrasi di atas podium kemenangan balapan Formula 1 (F1) GP Italia 2018 yang berlangsung di Sirkuit Monza, Italia, Minggu (2/9/2018). (MIGUEL MEDINA/AFP PHOTO)

Kontroversi team order dalam tim Mercedes pada balapan Formula 1 (F1) GP Rusia 2018 pekan lalu tampaknya akan kembali berlanjut di Jepang.

Setidaknya itulah yang diungkapkan oleh salah satu pebalap Mercedes yaitu Valtteri Bottas.

Pada GP Rusia, Bottas mendapat perintah untuk memberi jalan kepada rekan setimnya, Lewis Hamilton, yang tengah mengincar gelar juara dunia F1 kelima.

Setidaknya, hingga juara dunia diputuskan, kemungkinan Bottas untuk terus mengalah dari Hamilton cukup besar, termasuk pada balapan F1 GP Jepang akhir pekan ini.

Pebalap Finlandia tersebut bahkan sudah siap lahir batin andai team order akan kembali dilakukan Mercedes demi memuluskan jalan Hamilton meraih gelar juara dunia F1 2018.

"Itulah yang saya harapkan," ujar Valtteri Bottas yang dikutip BolaSport.com dari BBC.

Meski demikian, Bottas menggarisbawahi jika kemungkinan untuk melakukan team order bergantung dari kondisi saat balapan.

"Itu tergantung situasi. Pekan lalu, andai Hamilton tidak mengalami masalah ban maka bisa jadi saya diperbolehkan untuk menang," kata Bottas.

Pekan lalu, Lewis Hamilton sempat mengalami kendala ban ketika mencoba untuk menyalip rival terdekatnya dalam perebutan gelar juara dunia, Sebastian Vettel (Ferrari).