Lewis Hamilton: Tujuan Saya Balapan F1 Bukan untuk Lewati Rekor Michael Schumacher, tetapi...

By Diya Farida Purnawangsuni - Kamis, 18 Oktober 2018 | 18:25 WIB
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, melakukan selebrasi di atas podium setelah memenangi balapan Formula 1 GP Prancis 2018 di Sirkuit Paul Ricard, Le Castellet, Minggu (24/6/2018). (BORIS HORVAT/AFP )

Pebalap Mercedes asal Britania Raya, Lewis Hamilton, menegaskan bahwa tujuan dia terjun ke ajang Formula 1 (F1) bukanlah untuk melewati rekor milik Michael Schumacher, tetapi punya mendiang Ayrton Senna.

Sejarah mencatat, Michael Schumacher (Jerman) adalah pebalap F1 yang lebih sukses ketimbang Ayrton Senna.

Hingga pensiun dan kini berada dalam keadaan koma, Schumacher mengoleksi tujuh gelar juara dunia F1.


Legenda Formula 1, Ayrton Senna(DOK. F1)

Sementara itu, Senna -yang meninggal dunia saat tengah melakoni balapan GP Italia 1994 di Sirkuit Imola- cuma mendapatkan tiga gelar juara dunia F1 sepanjang kariernya.

"Jujur, melewati rekor juara dunia milik Schumacher tidak pernah menjadi tujuan saya," ucap Hamilton yang dilansir BolaSport.com dari GP Fans, Kamis (18/10/2018).

"Saya memulai karier dengan tujuan untuk menyamai rekor Ayrton Senna yang merupakan sosok pebalap yang ingin saya ikuti, dan saya berhasil melakukan itu dua tahun lalu. Jadi, sejak itu saya seperti berada di dalam teritori yang tidak diketahui," kata Hamilton lagi.

Saat ini, Hamilton kian dekat dengan gelar juara dunia F1 kelimanya setelah unggul 67 poin atas sang rival terberat, Sebastian Vettel (Jerman).

(Baca juga: Fernando Alonso Tuntut Bos F1 Bangkitkan Gairah Balapan seperti 13 Tahun Silam)