Libero Timnas Voli Putra Ini Optimistis Indonesia Tembus 4 Besar pada Asian Games 2018

By Delia Mustikasari - Sabtu, 11 Agustus 2018 | 21:45 WIB
Pebola voli putra Indonesia, Veleg Dani Ristan berpose di Padepokan Voli Sentul, Bogor, Jawa Barat. (ISTIMEWA)

Pebola voli putra Indonesia, Veleg Dani Ristan, optimistis skuat Merah Putih pada Asian Games, Jakarta-Palembang, 18 Agustus-2 September bisa menembus peringkat empat besar.

Optimisme itu muncul setelah dia melihat komposisi pemain yang masuk dalam timnas asuhan Samsul Jais ini.

Pada Asian Games 2018, Indonesia tergabung di Grup A bersama Kirgistan dan Arab Saudi.

"Kalau dari fase awal, Insya Allah kami bisa masuk empat besar. Hal ini dilihat dari kualitas pemain dan kekompakan tim sehingga kami termotivasi untuk menunjukkan bahwa sebenarnya kami itu bisa mencapai level tinggi," kata Veleg kepada BolaSport.com di Padepokan Voli Sentul, Bogor, Sabtu (11/8/2018).

"Tidak usah berpikir dulu untuk menjadi nomor satu. Yang terpenting, berjuang dulu di awal karena secara kualitas, Indonesia sudah jauh dari Jepang, Korea, dan China. Kalau ingin seperti mereka, tidak perlu menunggu kita harus mulai dari sekarang," ujar Veleg.

Veleg berharap dengan komposisi timnas voli putra Indonesia yang dia anggap bagus, bisa dipertahankan hingga menghadapi turnamen internasional berikutnya.

"Jangan lepas secara cuma-cuma karena untuk punya tim bagus itu butuh waktu. Saya merasa ini adalah tim yang harus kita pertahankan untuk ke depan karena olahraga voli butuh team work bagus," tutur pemain berposisi libero ini.

(Baca juga: Timnas Voli Putra Belum Dapat Jadwal Uji Coba Lapangan Jelang Asian Games 2018)

"Dulu, perbedaan skill antara pemain junior dan senior sangat jauh. Sekarang benar-benar merata dan lebih banyak junior yang kemampuannya bagus. Mereka lebih mudah untuk diarahkan. Bukan berarti yang dulu tidak bisa diatur loh, tetapi ini lebih enak dipegang," ucap Veleg.