Voli Pantai Asian Games 2018 - Fokus kepada Pergerakan Bola Saat Hujan Jadi Kunci Dhita Juliana/Dini Jasita Raih Perunggu

By Delia Mustikasari - Senin, 27 Agustus 2018 | 17:12 WIB
Tim bola voli pantai putra Indonesia, Dhita Juliana/Putu Dini Jasita Utami, tampil pada laga semifinal Asian Games 2018 di Jakabaring Sport City, Palembang, Minggu (26/8/2018). (MUHAMMAD ADIMAJA/ANTARA FOTO/INASGOC)

Tim bola voli pantai putri Indonesia, Dhita Juliana/Putu Dini Jasita, mempersembahkan medali perunggu untuk Merah Putih pada Asian Games 2018.

Kepastian tersebut didapat setelah Dhita/Dini mengalahkan Tatyana Mashkova/Irina Tsimbalova (Kazakstan) pada laga yang berlangsung di Jakabaring Sport City, Palembang, Senin (27/8/2018).

Laga sempat diwarnai dengan turunnya hujan saat kedudukan 9-7 untuk keunggulan Dhita/Dini pada set pertama.



"Tadi kami bermain sesuai strategi yang dibahas tadi malam oleh pelatih. Saat hujan, kami bermain safety dan didukug dari pertahanan Dini yang bagus," kata Dhita ditemui BolaSport.com dalam konferensi pers seusai laga.

Dhita/Dini sudah memulai set pertama dengan baik setelah mencetak skor 3-0. Setelah hujan turun, mereka beradaptasi cukup baik dengan cuaca hingga memimpin 15-9.

Mashkova/Tsimbalova yang tidak bisa keluar dari tekanan tertahan pada angka 11.

Pada set kedua, hujan mulai mereda. Bekal kemenangan pada set pertama membuat Dhita/Dini semakin percaya diri.

Mereka menjauh hingga skor 17-9. Mashkova/Tsimbalova berusaha mengejar ketinggalan 9-17.

(Baca juga: Voli Pantai Asian Games 2018 - Tim Putri Indonesia Mengaku Kalah Kelas dari Wakil China)

Namun, Dhita/Dini yang sudah memegang kendali permainan berhasil memastikan diri sebagai pemenang.

"Hujan angin sebenarnya memengaruhi penampilan kedua tim. Jadi, kami fokus dengan pergerakan bola karena kalau kami sedikit berkedip saja bola sudah berpindah kemana-mana," tutur Dhita.